Tips Modifikasi Mitsubishi Xpander Agar Garansi Tidak Hangus

Berita Otomotif

Tips Modifikasi Mitsubishi Xpander Agar Garansi Tidak Hangus

JAKARTA – Mitsubishi menanggapi positif perilaku konsumen Xpander yang sejauh ini cukup doyan melakukan modifikasi. Di saat bersamaan, pabrikan berlogo tiga berlian ini kembali mengingatkan persyaratan-persyaratan mengenai garansi di buku panduan pemilik.

Sejauh ini, para pemilik Xpander memang terlihat doyan memodifikasi kendaraan milik mereka. Modifikasi Xpander kerap menjadi topik yang diperbincangkan di grup Facebook komunitas Xpander yaitu Xpander Mitsubishi Owners Club Indonesia (X-Moc).

Dalam acara Xpander Tons of Real Happiness akhir pekan lalu di Serpong, Tangerang, Mitsubishi bahkan menampilkan beberapa model hasil modifikasi yang keren. Terdapat enam Xpander modifikasi milik anggota X-Moc yang diperlihatkan di hadapan awak media massa.

Konsumen Xpander sejauh ini memang kelas menengah ke atas, jika melihat penjualannya di data wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) 2018 yang didominasi varian termewah. Mitsubishi juga mengakui sekitar setahun pertama mobil yang meluncur pada Agustus 2017 ini didominasi pembeli emosional dengan pembayaran tunai cukup banyak.

Agen tunggal pemegang merek Mitsubishi di Indonesia pun turut senang melihat antusiasme konsumen dalam memodifikasi Xpander.

“Modifikasi dan personalisasi kendaraan pribadi menggambarkan dengan jelas bagaimana hubungan emosi pengguna dengan produk, serta kecintaan yang timbul oleh kepuasan dan manfaat yang dirasakan oleh pengguna. Di sisi lain, kegiatan modifikasi dapat menjadi referensi dan masukan pabrikan dalam memetakan kebutuhan dan keinginan konsumen pada suatu pasar tertentu,” ucap Intan Vidiasari, Deputy Group Head Planning & Communication Group PT. Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) di Serpong.

Boediarto, Head of Technical Service Department MMKSI, menilai tren modifikasi Xpander menandakan para pemiliknya menganggap mobil ini bagus untuk dimodifikasi. Mitsubishi sendiri menurutnya tidak bisa merekomendasikan atau melarang hal itu karena konsumen punya hak.

Kendati demikian, ia mengakui ada risiko garansi hilang. Karena itu konsumen-konsumen tersebut perlu mengingat poin-poin dalam buku panduan pemilik.

“Catatan penting bagi semua konsumen sebenarnya seperti dijelaskan di buku itu. Hal-hal yang tidak termasuk garansi adalah kerusakan pada komponen yang terbukti karena modifikasi. Patut diingat bahasa hukumnya adalah ‘terbukti’. Jadi kalau rusak tapi enggak ada bukti karena terkait modifikasi, sah-sah saja,” paparnya.

Lalu, ada pula poin mengenai kewajiban melakukan servis berkala. Poin satu ini sendiri berlaku umum, baik untuk Xpander standar atau pun yang sudah dipermak. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di sebuah harian umum nasional dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support