6 Mitsubishi Xpander Ini Cocok Jadi Acuan Modifikasi

Berita Otomotif

6 Mitsubishi Xpander Ini Cocok Jadi Acuan Modifikasi

JAKARTA – Mitsubishi menampilkan enam Xpander yang sudah dimodifikasi dalam acara Xpander Tons of Real Happiness.

Keenam Xpander hasil modifikasi tersebut hadir dalam rangkaian terakhir roadshow sembilan kota Xpander Tons of Real Happiness di Serpong, Tangerang pada 25 – 27 Januari kemarin. Mobil-mobil ini adalah milik para anggota komunitas Xpander Mitsubishi Owners Club (X-Moc) yang tinggal di sekitar Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek).

Intan Vidiasari, Deputy Group Head Planning and Communication Group PT. Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), mengaku senang dengan antusiasme dan kecintaan para pemilik Xpander yang diwujudkan lewat modifikasi. Modifikasi itu sendiri bermanfaat bagi Mitsubishi dalam melihat keinginan konsumen.

Kegiatan modifikasi dapat menjadi referensi dan masukan pabrikan dalam memetakan kebutuhan dan keinginan konsumen pada suatu pasar tertentu,” ujar Intan dalam keterangan tertulis.

1. Xpander dengan Suspensi Udara
Bagian yang dimodifikasi oleh keenam konsumen beragam. Rio Panduwinata, anggota XMOC-0070, mengoprek Xpander Ultimate A/T lalu mengklaimnya sebagai Xpander pertama di dunia dengan ubahan modifikasi suspensi udara. Ketinggian suspensi dapat disesuaikan lewat tombol manual atau aplikasi android.

Dari sisi eksterior, modifikasi pada bagian depan mencakup headlamp HID Projector Autovision, DRL and LED Flexible Aozoom, customized foglamp cover-up. Bagian atas maupun samping diubah agar bernuansa dechrome style total black menggunakan suku cadang dari OEM yaitu Exceed upper Grille, outer mirror cover, ditambah sticker wrapping. Bagian buritan serta suspensi mencomot pelek Facewheels FF72 R19x8 with Rays Lug Nuts, ban delinte 215/35 R19, suspensi udara Airgen deluxe package with android module and digital air pressure.

2. Xpander Rally
Xpander modifikasi selanjut adalah varian Exceed M/T milik Rachmat Soleh, anggota XMOC-0119, yang berkonsep rally untuk medan berat. Secara garis besar, modifikasinya menitikberatkan pada penggunaan ban MT plus modifikasi dengan roofrail.

Fascia depan didandani dengan emblem hood OEM dan red sticker wrapping logo, sedangkan bagian samping maupun atas memakai overfender, black oracal sticker wrapping on roof, roofrail, rallyart sticker. Bagian belakang ditambahkan spoiler.

Untuk roda dan suspensi, Rachmat menyematkan ban 205/65 R15 yang ditambah lagi dengan mudguards. Interior diperkeren dengan synthetic leather Carrera. Sistem hiburannya diperbagus dengan head unit Kenwood Seri 7, tweeter Soundline, bass Mohawk.

3. Xpander Iron Man
Andre Loing, XMOC-1717, memodifikasi Ultimate A/T dengan konsep ‘Iron Man’,  yang terlihat jelas dari nada warna bodinya. Sisi depan ditambahkan body kit, lampu LED, serta stiker.

Bagian samping dan atas dibubuhi roofrail plus stiker wrap. Adapun roda diganti dengan HSR Poison 225/50 R18.

Interior dibalut synthetic leather MB Tech. Andre juga mengutak-atik fungsi kelistrikan untuk sebuah Cruise Control, sebelum fitur ini ditambahkan oleh Mitsubishi di varian termewah untuk model year 2018.

4. Xpander Bodywrap Satin Grey
Xpander modifikasi keempat adalah milik Eko Hariansyah, XMOC-0965. Varian Ultimate A/T dibuat bernuansa misterius melalui body wrapping berwarna satin grey. Muka Xpander Eko diberikan diferensiasi lewat DRL sein lazy eyes concept, headlamp Projie, garnish lamp.

Aspek yang diubah pada buritan ialah bumper stop lamp dan ducktail spoiler. Roda plus suspensi memakai Work Gnosis CV201 8,5-9,5 ET 45-42, ban depan 235/35 R20, lalu ban belakang 245/35/ R20.

Interior diganti dengan synthetic leather dari Lederlux. Audio juga mendapat sentuhan lewat Venom Pandora processor VPR3.4 dan Venom subwoofer VX 6.8 PB.

5. Xpander Hot Wheels
Ada pula modifikasi Xpander bertema ‘Hot Wheels’ dari Alvin Tjandra, XMOC-1668. Ia mengklaim varian Sport A/T tersebut sebagai modifikasi Xpander pertama di dunia menggunakan Coilover dan Bolt on Muffler.

Berbagai sisi bodi menggunakan body kit produksi massal pertama dari Earth Autoconcept yang menonjolkan detail menggunakan bahan carbon kevlar. Ada juga HID headlight, cutting sticker, pelek Advan Racing Rims.

Kursi standar diganti dengan kursi balap. Sentuhan terakhir penggantian/penambahan ialah head unit, 1 SUB 12 inch, Power Monoblock pada fungsi kelistrikan.

6. Xpander Black Panther
Xpander modifikasi bertema ‘Black Panther’ melalui  body wrapping juga muncul menemani Xpander bertema ‘Iron Man’. Exceed A/T  milik Rasno Aji, XMOC-1222 ini juga diperkaya Aero Kit OEM di berbagai sisi, Projector Light di bagian depan, Towing Bar maupun Reflector LED di belakang.

Roda diganti dengan OEM Outlander R17, sementara interior diubah lewat penambahan synthetic leather, arm rest, High Mount Cabin Lamps (Innova Style). Sistem hiburan makin ciamik berkat head unit Android 10 inchi, head rest monitor AVT, Sub-Woofer Martin Roland Special Edition for Xpander. Sebagai pamungkas, Rasno menambahkan lagi fitur Cruise Control. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar