Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Karakter Unik Pembeli Mobil di Sulawesi Utara: Pentingkan Penampilan tapi Sensitif Harga

Berita Otomotif

Karakter Unik Pembeli Mobil di Sulawesi Utara: Pentingkan Penampilan tapi Sensitif Harga

TOMOHON – Pasar mobil di Sulawesi Utara diakui Daihatsu punya karakter unik yang turut menjadikan mereka merek terlaris selama lima tahun beruntun di sana.

Kepala Wilayah Indonesia Bagian Timur PT. Astra International – Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) Tulus Pambudi mengawali paparan mengenai karakter unik konsumen di Sulawesi Utara dengan satu ungkapan lokal tersohor: ‘biar kalah nasi yang penting nda kalah aksi’.

“Boleh enggak makan, tapi penampilannya bagus. Itu gambaran anak-anak muda yang ada di Sulawesi Utara,” ucap dia pada Selasa (21/6/2022) di Tomohon, Sulawesi Utara, di sela-sela Media Test Drive Daihatsu Sirion facelift.

Salah satu cara meningkatkan penampilan adalah memiliki mobil. Di sisi lain, Tulus menjelaskan para pembeli mobil di Sulawesi Utara terbilang masih amat sensitif terhadap harga.

Alhasil, segmen low cost green car (LCGC) atau mobil murah ramah lingkungan menjadi kontributor utama penjualan mobil di sana. Selama Januari-April 2022, model-model LCGC menyumbangkan 25 persen dari total transaksi jual-beli mobil provinsi tersebut yang mencapai 4.621 persen.

Pada 2018 dan 2019, komposisi LCGC bahkan mencapai 33 persen.

Kontribusi model-model LCGC yang dimiliki Daihatsu, Ayla dan Sigra, terhadap penjualan jenama itu malah lebih tinggi lagi. Dari total penjualan 1.565 unit selama empat bulan pertama 2022, 38 persennya disumbangkan oleh Ayla plus Sigra.

“Pada 2019 komposisi LCGC sempat 42 persen (dari penjualan Daihatsu),” lanjut Tulus.

Daihatsu sendiri dikenal sebagai pabrikan dari mobil-mobil kompak berharga terjangkau. Di Indonesia, harga on the road (OTR) Jakarta model-model Daihatsu bahkan tak ada yang menyentuh Rp300 juta.

Tulus mengklaim Daihatsu mampu menjadi pemimpin pasar Sulawesi Utara selama lima tahun, sejak 2018 sampai year to date April 2022. Karakter konsumen di sana yang sangat sensitif terhadap harga diakui sesuai dengan pemosisian produk Daihatsu.

Selain itu, ada pula faktor kemampuan menyediakan paket kredit ringan, keberhasilan promo-promo tematik sesuai hari besar keagamaan dan budaya lokal, serta kesuksesan mencapai indeks kepuasan konsumen yang ia klaim tinggi.

“Saya bisa simpulkan empat hal. Orang-orang Sulawesi Utara seperti Manado itu sangat terbuka, kemudian mudah bersosialisasi, mengedepankan penampilan… serta menjadikan PNS (Pegawai Negeri Sipil) sebagai karier impian utama setelah lulus,” ujar dia.

Bicara profil konsumen, sebanyak 12-15 persen dari pembeli mobil Daihatsu di Sulawesi Utara sendiri berkarier sebagai PNS. Di atasnya hanya ada karyawan swasta plus wirausahawan dan pegawai BUMN dengan 35 persen.

Oleh karena itu, Daihatsu dua tahun terakhir membuat program penjualan khusus PNS. Salah satu iming-imingnya adalah tenor kredit sampai dengan delapan tahun. [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang