Kaca Mobil Masa Depan Mungkin Akan Jadi Layar Streaming Raksasa

Berita Otomotif

Kaca Mobil Masa Depan Mungkin Akan Jadi Layar Streaming Raksasa

NEVADA – Mobil otonom mungkin akan membuat kaca depan mobil bertransformasi menjadi layar hiburan raksasa yang antara lain bisa digunakan untuk layanan streaming (menonton via internet) film dan serial.

Masa depan seperti ini, seperti diwartakan Carscoops baru-baru ini, diramalkan oleh Hyundai Mobis. Mereka bahkan akan memamerkan teknologi kaca depan masa depan yang antara lain bisa digunakan streaming dalam Consumer Electronics Show (CES) 2019, 9 – 12 Januari di Las Vegas, Nevada.

Hyundai Mobis sendiri merupakan bagian dari Hyundai Motor Company. Bisnis utama mereka adalah pengembang serta perakit suku cadang otomotif.

Lebih lanjut, yang nantinya dipamerkan Hyundai Mobis di CES 2019 bernama Autonomous Driving Interior Concept. Ini mereka anggap sebagai gambaran interior kendaraan masa depan yang sudah berteknologi otonom level 4 dan level 5.

Pada mobil otonom level 4, mobil sudah mampu bertindak secara mandiri dalam mayoritas skenario lalu lintas yang ada atau ketika terjadi kegagalan sistem. Adapun  mobil otonom level 5 mampu mengambil keputusan di seluruh skenario, termasuk kondisi-kondisi sulit seperti berkendara di medan off-road.

Kedua level ini menjadikan manusia nantinya memiliki banyak waktu luang melakukan hal lain di dalam kabin mobil. Bahkan, ada yang memprediksi aktivitas seks dalam kendaraan akan meningkat karena mobil otonom.

Autonomous Driving Interior Concept ciptaan Hyundai Mobis dilengkapi dengan Windshield Display Technology. Perangkat purwarupa tersebut juga mempunyai teknologi sentuhan virtual, mirip seperti fitur Gesture Control dari BMW.

Teknologi sentuhan virtual membuat beragam opsi hiburan atau pengaturan di kaca depan dapat dipilih dengan gerakan tangan alih-alih dengan menyentuhnya secara riil.

Adapula fitur menarik dalam Autonomous Driving Interior Concept berupa teknologi pengenalan emosi. Sistem ini menggunakan kamera untuk menentukan keadaan emosi orang-orang di dalam kabin, kemudian mengubah suasana interior demi memperbaiki suasana hati.

Sistem dapat pula membagi emosi penumpang agar diketahui oleh penumpang lain di kendaraan sekitar.

Dalam CES 2019, Hyundai Mobis mempersiapkan pertunjukan lain, Communication Lighting Technology, yang membuat mobil otonom bisa berkomunikasi dengan para pejakan kaki atau kendaraan lain dengan menggunakan unit-unit lampu cerdas. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar