Jokowi Resmikan Tol Pertama di Aceh

Berita Otomotif

Jokowi Resmikan Tol Pertama di Aceh

BLANG BINTANG – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan jalan tol ruas Sigli-Banda Aceh (Sibanceh) Seksi 4 yang menghubungkan Indrapuri-Blang Bintang.

Ini adalah tol pertama di Provinsi Aceh dan nantinya akan terbentang sepanjang 74 kilometer. Dalam kesempatan tersebut, Presiden Jokowi menyampaikan bahwa meski sedang berada dalam situasi pandemi Covid-19, namun pembangunan infrastruktur tetap menjadi prioritas karena posisi infrastruktur di Indonesia yang masih cukup tertinggal jika dibandingkan dengan negara lain.

“Kita harapkan dengan infrastruktur baru ini akan menumbuhkan titik-titik pertumbuhan ekonomi baru, ada usaha-usaha baru, ada perluasan usaha dari yang sudah ada dan kita harapkan akan membangkitkan perekonomian di Aceh secara luas dan tentu saja goal-nya menciptakan lapangan kerja sebanyak-banyaknya,” ujarnya.

Ia pun menambahkan bahwa pembebasan lahan di Provinsi Aceh untuk pembangunan jalan tol tersebut merupakan yang tercepat. Hal ini diharapkan bisa ditiru oleh masyarakat di provinsi lain guna mempercepat pembangunan di Indonesia.

Presiden Jokowi resmikan tol pertama di Aceh
“Pembebasan lahan di Provinsi Aceh ini paling cepat sepanjang yang saya tahu. Misalnya yang 74 kilometer ini dari Banda Aceh ke Sigli itu sudah 86 persen. Ini cepat sekali. Konstruksinya bisa mengikuti dengan cepat. Saya kira kalau cara-cara di Aceh ini diterapkan di Provinsi lain kecepatan pembangunan jalan tol itu semuanya bisa segera beroperasi penuh,” imbuhnya.

Bila sudah selesai seluruhnya maka perjalanan dari Kota Sigli ke Banda Aceh akan menjadi lebih cepat. Selama ini perjalanan ditempuh dengan waktu 2-3 jam dan dengan adanya tol ini maka perjalanan menjadi hanya 1 jam. Tol Sibanceh ini dibangun dengan dana sebesar 12,354 triliun dan akan dilengkapi dengan 6 simpang susun serta 7 gerbang tol.

Ke depannya, jalan tol yang ada di Provinsi Aceh akan tersambung dengan jalan-jalan tol lainnya di Pulau Sumatera hingga berakhir di Lampung. Tol tersebut pun akan menjadi bagian dari tol trans-Sumatera sepanjang 2.765 kilometer yang ditargetkan selesai pada tahun 2024 mendatang Nantinya, tol Trans Sumatera akan menjadi tol terpanjang di Indonesia dan diperkirakan akan menjadi salah satu tol tersibuk di Tanah Air. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar