Presiden Jokowi Resmikan Tol Solo Ngawi Segmen Kartasura-Sragen

Berita Otomotif

Presiden Jokowi Resmikan Tol Solo Ngawi Segmen Kartasura-Sragen

BOYOLALI – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Tol Solo Ngawi Segmen Kartasura-Sragen di Gerbang Tol (GT) Ngemplak, Kabupaten Boyolali.

Tol Solo Ngawi Segmen Kartasura-Sragen yang memiliki panjang (20,9 Km). Jalan tol ini nantinya akan menjadi bagian dari Jalan Tol Solo Ngawi yang memiliki panjang jalan 90,43 km. Tercatat, total jalan tol ini dibangun dengan nilai investasi Rp 13,4 triliun.

“Saya gembira karena Jalan Tol Ruas Kartasura-Sragen selesai dan secara bertahap Ruas Tol Trans Jawa tersambung dari Merak hingga Banyuwangi," ungkap Presiden dalam sambutannya.

Sementara itu Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono mengatakan bahwa untuk besaran tarif tol akan dilakukan rasionalisasi tarif ruas tol menjadi Rp 1.000 per Km atau lebih rendah dari tarif per km yang direncanakan sebelumnya.

“Tol ini sudah menggunakan formula tarif Rp. 1000/km dan penyederhanaan golongan kendaraan menjadi 3 golongan yaitu Golongan 1, 2 dan 3. Dengan demikian ruas tol ini diharapkan menjadi lebih atraktif bagi angkutan logistik,” terangnya.

Penetapan golongan kendaraan bermotor dan besaran tarif tol akan berlaku mulai tanggal 17 Juli 2018 mulai pukul 00.00 WIB. Bagi kendaraan golongan I dari Kartasura menuju Sragen adalah Rp 35.000.

Dari tahun 2015 hingga Juli 2018, tambahan panjang tol yang telah dioperasikan adalah 443 km. Adapun rincian pada akhir tahun 2015 (132 Km), tahun 2016 (44 Km), tahun 2017 : (156 Km) dan hingga 15 Juli 2018 (110 Km).

Pada akhir 2018, ditargetkan ada tambahan panjang ruas tol Trans Jawa yang beroperasi yakni sebanyak 7 ruas sepanjang 403 km. Tujuh ruas tol tersebut yakni Pejagan - Pemalang Seksi 3 dan 4, Pemalang - Batang, Batang - Semarang, Salatiga - Kartasura/Solo, Sragen - Ngawi, Wilangan - Kertosono dan Pasuruan-Grati. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual