Jaguar: Arti Kata Mobil dalam Kamus Sudah Basi, Harus Diubah

Berita Otomotif

Jaguar: Arti Kata Mobil dalam Kamus Sudah Basi, Harus Diubah

LONDON - Jaguar meminta definisi dari kata ‘mobil’ dalam kamus bahasa Inggris Oxford diubah karena menurut mereka tidak sesuai lagi.

Mobil listrik tampaknya tidak hanya akan membawa perubahan dalam hal-hal serius macam tren pasar, teknologi kendaraan, aturan-aturan pemerintahan, hingga perilaku mengemudi. Kamus bahasa pun berpotensi direvisi karenanya.

Jaguar, seperti diwartakan Carscoops belum lama ini, mengajukan permintaan kepada Oxford English Dictionary (OED) dan Oxford Dictionary (OD) untuk mengoreksi definisi kata ‘mobil’ dalam kamus online mereka. Menurut pabrikan otomotif asal Britania Raya tersebut, pengartian dari kata tersebut sudah tidak lagi sesuai dengan zaman.

Pasalnya, kamus bahasa Inggris Oxford menjelaskan ‘mobil’ sebagai ‘sebuah moda transportasi darat, biasanya punya empat roda, yang ditenagai oleh mesin pembakaran internal dan bisa memuat orang-orang dalam jumlah relatif terbatas’. Menurut Jaguar, definisi membuat kendaraan-kendaraan berbasis baterai plus motor penggerak listrik bukanlah sebuah mobil, termasuk SUV I-Pace mereka.

Mereka juga telah mengajukan permohonan formal terhadap OED plus OxfordDictionaries.com untuk memperbarui definisi mobil dengan memasukkan sistem-sistem penggerak tambahan yang kini ada di industri. Salah satunya, tentu saja, adalah sistem penggerak berbasis baterai listrik.

“Mengejutkan membaca arti dari sebuah mobil dalam kamus sudah sedikit 'basi’. Kami oleh karenanya mengundang OED dan OD untuk mengubah penjabaran dalam kamus online mereka demi merefleksikan pergeseran dari mesin pembakaran internal yang tradisional menuju sistem penggerak yang lebih ramah lingkungan,” kata David Browne, Head of Jaguar Land Rovers Naming Committee.

Korporasi otomotif yang bermarkas di Coventry tersebut mengajak pula para warganet mendukung mereka melalui tagar #RedefineTheCar. Produsen mobil premium itu juga menerima masukan serta ide dari warganet mengenai definisi terbaru dari kata ‘mobil’.

Sepertinya, langkah unik Jaguar adalah juga sebuah strategi pemasaran untuk mempopulerkan mobil listrik. Apalagi, pada 2020 mereka berencana menghadirkan varian bersistem penggerak listrik pada semua model. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support