Jadi Mobil Terlaris Se-Indonesia, Ini Alasan Brio Bisa Sikut Avanza dan Xpander

Berita Otomotif

Jadi Mobil Terlaris Se-Indonesia, Ini Alasan Brio Bisa Sikut Avanza dan Xpander

JAKARTA – Daftar mobil terlaris di Indonesia biasanya dipuncaki oleh mobil tujuh penumpang dari jenis multi purpose vehicle (MPV). Akan tetapi, pada 2020, sebuah city car yaitu Honda Brio mengalahkan para kandidat favorit seperti Toyota Avanza maupun Mitsubishi Xpander.

Seperti pemberitaan sebelumnya, Brio diklaim sebagai mobil terlaris Honda sekaligus mobil terlaris di Indonesia pada 2020 dengan penjualan retail (distribusi dealer ke konsumen) 43.021 unit dari dua tipe (RS plus Satya). Kontribusinya terhadap penjualan Honda tahun lalu mencapai 54,15 persen.


Padahal sejak 2006 hingga 2019 Avanza selalu menjadi mobil paling laku di Indonesia jika melihat data wholesales (distribusi pabrik ke dealer/untuk stok) dari asosiasi Gaikindo. Sayang, data yang dipublikasikan tidak memperlihatkan capaian retail secara rinci untuk tiap model.

Avanza sendiri merupakan mobil murah tujuh penumpang di kelas low MPV (LMPV) yang hadir sejak 2004. Posisi mobil terlaris kedua di Tanah Air juga hampir selalu ditempati model LMPV lainnya seperti Daihatsu Xenia atau Xpander.


Brio tiba-tiba menyalip pada 2020. Ini sekaligus menjadi kali pertama sebuah mobil Honda menjadi yang paling banyak terjual.

Yusak Billy selaku Business Innovation, Sales, and Marketing Director PT. Honda Prospect Motor, dalam konferensi pers virtual pada Senin (18/1/2021), menjelaskan beberapa alasan Brio bisa berada di nomor wahid tahun lalu. Pertama, kehadiran pandemi virus Corona (Covid-19) mendorong kemunculan pembeli mobil pertama (first car buyer) karena ingin menghindari transportasi umum demi mengurangi potensi penularan saat harus bekerja di luar rumah.

Mereka pun mencari mobil-mobil dengan harga terjangkau, biaya perawatan ringan, irit konsumsi bahan bakar. Para konsumen ini juga mencari model yang bisa menawarkan program pembiayaan yang mudah.

Sekadar mengingatkan, Brio di pasar Indonesia menempati dua segmen. Tipe Brio RS berada di segmen city car, sedangkan Brio Satya di segmen low cost green car (LCGC) sebagai kategori mobil termurah saat ini karena mendapatkan insentif pajak dari pemerintah.


Tren LMPV, di sisi lain, juga sedang turun akibat penurunan segmen fleet di tengah pandemi. Padahal, penjualan fleet berperan cukup banyak terhadap penjualan segmen ini. Di samping itu, makin banyak konsumen perorangan yang kini membeli low sport utility vehicle (LSUV).

“Kalau dilihat sebetulnya kontribusi city car ditambah LCGC di pasar relatif berubah yaitu 23 persen. LPMV turun dari sekitar 22 persen pada 2019 menjadi sekitar 17 persen. Namun, LSUV meningkat dari 11 persen ke 16 persen,” papar Yusak menjawab pertanyaan Mobil123.com. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar