Pakar Desain Produk ITB: Kekuatan Mitsubishi Xpander adalah Desainnya

Berita Otomotif

Pakar Desain Produk ITB: Kekuatan Mitsubishi Xpander adalah Desainnya

JAKARTA – Yannes Martinus Pasaribu, Pakar Desain Produk dari Institut Teknologi Bandung (ITB), mengatakan kekuatan Mitsubishi Xpander di pasar Indonesia ada pada sisi desain. Ini keunggulan baru yang membedakannya di antara para pesaing dan membuatnya mampu merayu konsumen, bahkan menorehkan rekor penjualan terbanyak di 18 bulan pertama.

Xpander hadir sebagai salah satu pilihan di segmen low multi purpose vehicle (LMPV) sejak 10 Agustus 2017, ketika model ini menjalani debut global dalam Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS). Respons konsumen yang di luar dugaan membuat inden dari produk yang diproduksi di pabrik Mitsubishi Cikarang, Bekasi itu sempat mencapai setengah tahun di awal kemunculan.

Model tersebut lalu diklaim Mitsubishi sebagai LMPV pertama yang mampu mencapai rekor penjualan 100 ribu unit dalam 18 bulan pertama. Menanggapi hal ini, Martinus menilai desain Xpander memang tergolong inovatif.

“Mitsubishi Xpander dapat mencapai rekor penjualan yang signifikan akibat dari desainnya yang inovatif... Hal itulah yang menjadi kekuatan baru dari Xpander,” ucap pemerhati desain otomotif ini kepada Mobil123.com melalui pesan singkat pada Selasa (18/8/2020).

Konsep desain Dynamic Shield pada Xpander yang bersudut tajam, berkesan agresif, futuristik, mewah, dan mampu menonjolkan bagian-bagian pada kendaraan menurut Martinus menarik perhatian para konsumen milenial yang kebutuhannya semakin bergeser pada pemenuhan kebutuhan psikologis. Bagi mereka, kendaraan bukan lagi sekadar alat transportasi tapi sudah bergeser menjadi sarana identifikasi diri dan membangun identitas.

Ia juga mengomentari hadirnya varian Xpander Cross sejak akhir tahun lalu. Menurutnya,varian ini memadukan strategi desain ‘Crossover-Look’ plus harga jual dan kemudahan layanan purnajual.

“Harga terjangkau, tampilan maskulin, dan gagah. Namun, biaya operasional dan maintenance (perawatan) tetap murah,” tandasnya.

Desain Mobil Semakin Penting
Desain mobil, menurut Martinus, sudah menjadi sebuah fashion. Aspek tersebut harus selalu tampil mengikuti tren visual yang terkini.

Strategi berkompetisi di industri otomotif, ujar dia, tidak cukup lagi hanya dengan perluasan jaringan 3S (Sales, Service, Spare Parts) atau pun kemudahan cicilan karena semua pasti melakukan 'rumus' ini. Desain eksterior dan interior produk yang keren, segar, penuh kebaruan, namun tetap berharga terjangkau juga merupakan kunci dari keberhasilan penjualan sebuah kendaraan pada saat ini.

“Sekadar menjual keunggulan dari sisi efisiensi produksi, fungsionalitas, ergonomi, dan mutu enjiniring yang tinggi adalah masa lalu. Sebab, semuanya sudah melakukan hal yang sama. Desain mobil yang sukses di pasar Indonesia saat ini hingga ke depannya adalah desain yang mampu memberikan kebanggaan bagi pembelinya dan mampu memberikan pengalaman baru dalam berkendara,” pesan dia. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar