Istilah ‘RS’ juga Dipakai di Mobil Wuling, Honda Menyebut Tidak Apa-apa

Berita Otomotif

Istilah ‘RS’ juga Dipakai di Mobil Wuling, Honda Menyebut Tidak Apa-apa

TANGERANG – Honda tidak mempermasalahkan penggunaan istilah ‘RS’ di salah satu produk Wuling di Indonesia.

Dua huruf tersebut selama ini lekat dengan mobil Honda. RS dipakai sebagai nama varian roda empat Honda yang memiliki penampilan eksterior dan interior sporty.

Di pasar Indonesia, varian RS kerap menjadi opsi termewah dan termahal dari sebuah model Honda.

Akan tetapi, pabrikan otomotif lain, yaitu Wuling belakangan ini juga menggunakannya. Ini terjadi ketika merek mobil China tersebut meluncurkan Wuling Almaz RS sebagai varian termewah, tercanggih, dan berpenampilan paling sporty dari SUV Almaz.

Wuling Almaz RS

Menanggapi hal ini, Honda mengaku legawa. Mereka tidak mempermasalahkannya.

“Di kami, (kepanjangan) RS itu Road Sailing, ya. Tapi di tempat lain itu kayaknya bukan. Jadi, tidak apa-apa,” ucap Business Innovation, Sales, and Marketing Director PT. Honda Prospect Motor (HPM) Yusak Billy di sela-sela Gaikindo Indonesia International Auto Show, 11-21 November di Serpong, Tangerang.

“Satu yang pasti, di Indonesia, mobil dengan tampilan sporty itu permintaannya sangat tinggi,” lanjut dia.

Varian RS pada Honda pertama kali hadir pada 1970-an di Civic generasi pertama. Di pasar Indonesia, model Honda pertama yang memiliki varian RS adalah Jazz yang hadir pada 2008.

Varian RS selanjutnya dihadirkan pada Mobilio (2014), Brio (2016), Civic hatchback (2016), City hatchback (2021), Civic sedan generasi terbaru (2021).

Di GIIAS 2021, Honda melakukan world premiere (peluncuran perdana global) dari SUV RS Concept. Sayang, pabrikan asal Jepang ini masih tutup mulut mengenai rencana masa depan dari model purwarupa tersebut.

Honda SUV RS Concept

RS sebenarnya bukan satu-satunya opsi model sporty dari Honda. Ada lagi Acura, SI (Sport Injected), dan Type R.

Namun, Acura dan SI tidak dimasukkan ke pasar otomotif Indonesia.

Adapun Almaz RS, di sisi lain, meluncur pada Maret 2021. Pada model tersebut, RS merupakan singkatan dari Rising Star.

Almaz RS mengundang perhatian tak hanya karena tampilan sporty-nya, tapi juga karena punya teknologi canggih Wuling Interconnected Smart Ecosystem (WISE) yang terdiri dari Wuling Indonesian Command (WIND), Internet of Vehicle (IoV), serta Advanced Driver Assistance System (ADAS). [Xan/Ses]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar