Honda Ungkap Segmen SUV RS Concept Andai Diproduksi Massal, Sekelas Raize?

Berita Otomotif

Honda Ungkap Segmen SUV RS Concept Andai Diproduksi Massal, Sekelas Raize?

TANGERANG – Baru sedikit sekali informasi resmi dari Honda mengenai SUV RS Concept, kalau model ini kelak diproduksi secara massal. Namun, sudah ada petunjuk mengenai segmennya.

Diberitakan sebelumnya, Honda menggelar world premiere—peluncuran perdana global—SUV RS Concept dalam Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021 yang berlangsung pada 11-21 November di Serpong, Tangerang.

Dalam seremoni peluncuran di hari pembuka pameran, Honda mengatakan dua petunjuk mengenai model tersebut. Pertama, SUV RS Concept merupakan hasil riset dan pengembangan Honda R&D Asia Pacif Co., Ltd. di Thailand.

Kedua, SUV ini merupakan hasil pemikiran Honda mengenai SUV yang berkarakter sporty, menawarkan pengalaman berkendara menyenangkan, serta dilengkapi fitur-fitur sarat teknologi canggih.

Business Innovation, Sales, and Marketing Director PT. Honda Prospect Motor (HPM) Yusak Billy, dalam sebuah konferensi pers di sela-sela pameran, memberikan sedikit lagi petunjuk mengenai SUV RS Concept. Kali ini, dia berbicara mengenai segmennya.

“SUV kompak, sih, ya kalau ini. Tapi kan kami belum tahu. Belum ada rencana memproduksinya secara massal,” aku Billy.

Honda SUV RS Concept

Dia kemudian menjelaskan lebih detail mengenai pemosisiannya sebagai SUV di segmen yang berharga relatif terjangkau, seandainya model tersebut benar-benar dirakit massal dan dijual. Menurut Billy, versi produksi SUV RS Concept akan ada di bawah Honda HR-V.

Mobil123.com lalu menanyakan lebih detail lagi apakah kelasnya ada di SUV B-Segment dan Billy mengakuinya.

“Ya (B-segment). Sekelas sama pemain-pemain baru itu. Saya tidak sebut nama, ya,” jawabnya.

Kalau melihat ‘pemain-pemain’ yang ada sekarang di kategori SUV kompak lima penumpang (5-seater) khususnya B-segment, di antaranya terlihat duo Toyota Raize serta Daihatsu Rocky.

Segmen ini sendiri terus berkembang jumlah modelnya dalam beberapa tahun terakhir.

Sebelum duet Raize dan Rocky menyapa pasar otomotif Indonesia, sudah hadir terlebih dahulu Kia Sonet 5-seater, Nissan Magnite, juga Renault Kiger.

Toyota Raize

Tentu, masih perlu konfirmasi lebih lanjut apakah SUV RS Concept, jika kelak diproduksi massal, akan menantang kedigdayaan Raize dan Rocky.

Satu yang pasti, Honda punya rekam jejak merakit massal mobil konsep yang mereka perkenalkan di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir. Di dalam daftar itu ada RS Concept yang menjadi All New Brio (2018) maupun N7X Concept yang menjadi All New BR-V (2021).

Melihat histori tersebut, bukan tidak mungkin Honda pun sebenarnya sudah punya rencana sama untuk SUV RS Concept. [Xan/Ses]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar