Spesifikasi DFSK Glory 560, Percaya Diri Bersaing dengan Rush-Terios

Panduan Pembeli

Spesifikasi DFSK Glory 560, Percaya Diri Bersaing dengan Rush-Terios

JAKARTA - PT Sokonindo Automobile cukup percaya diri menempatkan DFSK Glory 560 untuk bersaing di segmen SUV (sport utility vehicle) kompak Tanah Air. 

Tahun ini, DFSK Indonesia sudah menyiapkan Glory 560 sebagai senjata barunya. Tentu langkah yang cukup berani mengingat di Indonesia sendiri segmen tersebut sudah diisi oleh barisan brand Jepang seperti Toyota Rush atau Daihatsu Terios. 

Tak ada salahnya jika kami membandingkan Glory 560 dengan si kembar tersebut. Mengingat SUV kedua DFSK ini juga punya konfigurasi 7 penumpang dan sama-sama bermesin 1.500 cc. Untuk itu, Mobil123.com coba mengulasnya berdasarkan spesifikasi serta fitur. 

Mobil ini memiliki panjang 5.515 mm, lebar 1.815 mm dan tinggi 1.735 mm. Sementara kedua pesaingnya itu punya P x L x T (4.435 mm x 1.695 mm x 1.705 mm). Artinya, secara dimensi Glory 560 lebih besar dari Rush dan Terios. 

Namun, Glory 560 lebih berat dengan berat kosong 1.400 kg. Sementara kedua mobil pesaingnya tidak sampai 1.300 kg. Hal ini mungkin berdampak pada ground clearance Glory 560 (200 mm) yang lebih rendah 20 mm dari Toyota Rush maupun Daihatsu Terios (220 mm).

Tapi, bobot yang lebih berat tadi dikondisikan melalui penggunaan turbocharger. Jadi, kemampuannya jelas lebih baik dibanding Terios dan Rush. Dengan mesin tersebut Glory 560 mampu mengeluarkan tenaga sebesar 148 hp di putaran 5.600 rpm dan torsi 230 Nm di rentang putaran 1.800 - 4.000 rpm. Sementara kedua pesaingnya itu (dengan mesin serupa tanpa turbocharger) hanya 102 hp dan torsi 136 Nm. 

Setelah mesin, Glory 560 juga dibekali struktur kaki-kaki mumpuni melalui penggunaan suspensi MacPherson Strut di depan dan Five-link Coil Spring pada bagian belakang. Sedangkan roda yang dipilih berukuran 17 inci, satu ukuran lebih besar dari Rush dan Terios. 

Bagian yang tak kalah penting untuk disandingkan adalah fitur keselamatan. Glory 560 sudah dibekali perangkat seperti sistem pengereman ABS (anti-lock braking system) dengan kelengkapan Electronic Brake Distribution (EBD) dan Emergency Brake Assist (EBA). 

Sebagai pengaman tambahan, mobil buatan Cikande, Serang ini juga sudah memiliki Hill Hold Control (HHC) dan demi pengendalian lebih stabil juga sudah terdapat Electronic Stability Control (ESP) dan Traction Control System (TCS). Sebenarnya, fitur safety itu juga dimiliki oleh kompetitornya. Tapi, Glory 560 sedikit lebih unggul karena sudah punya Electric Parking Brake (EPB).

Selanjutnya, interior Glory 560 memancarkan nuansa kemewahan dengan sajian dashboard dan door trim soft touch, material kulit pada lingkar kemudi dan jok dengan penambahan jahitan berwarna merah. Pada setir juga sudah terdapat tombol multi fungsi dan monitor floating touchscreen ukuran 9 inci dengan fitur smartphone mirroring. 

Dari sini, pengguna juga bisa memanfaatkan fitur navigasi dan rear camera. Menariknya, posisinya ditempatkan pada bagian atas dashboard. Meski demikian, pesaingnya terutama Terios sudah mengaplikasi fitur around view monitor (tipe R Deluxe dan R Custom). 

Sayang, pengaturan audio dan AC dari Glory 560 masih konvensional menggunakan knop. Sementara kompetitornya sudah lebih modern dengan penerapan fungsi AC digital. Fitur lain yang juga sama-sama dimiliki Glory 560 maupun Rush atau Terios yakni push start-stop button, keyless entry dan smart key system.    

Melalui sekilas pembahasan di atas, Glory 560 cukup layak disandingkan dengan para pemain lama tersebut. Pilihannya tentu kembali kepada Anda, apalagi setelah harganya diumumkan pekan depan. 

"Glory 560 ini adalah sebuah activ SUV yang ditujukan kepada konsumen yang punya gaya aktif. Kami yakin Glory 560 bisa melakukan penetrasi di pasar Indonesia dan yakin bisa menjadi pilihan yang baik untuk masyarakat," ucap Franz Wang, Managing Director PT Sokonindo Automobile Sales Center saat perkenalan sang produk di bilangan Ancol, Jakarta (26/3). [Ary/Ari]



Ary Dwinoviansyah

Ary Dwinoviansyah

Ary mulai bekerja sebagai seorang jurnalis otomotif sejak tahun 2008 dan sangat mencintai sepedamotor. Nonton MotoGP merupakan salah satu hobi untuk menghabiskan akhir pekannya. Dia juga memimpikan memiliki mobil Transformers.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support