Tips yang Harus Diperhatikan Saat Pilih Kaca Film Mobil

Panduan Pembeli

Tips yang Harus Diperhatikan Saat Pilih Kaca Film Mobil

JAKARTA – Memilih kaca film mobil bisa dikatakan susah-susah gampang. Kebanyakan masyarakat hanya memperhatikan tingkat kegelapannya. Padahal, memilih kaca film ternyata tidak bisa asal gelap, namun harus diperhatikan pula kemampuan untuk menolak panas dan sinar ultraviolet yang dapat merusak kesehatan dan interior kendaraan.

Dengan memilih yang tepat maka pengendara akan tetap nyaman berada di dalam kendaraan walau cuaca ketika itu sedang terik. Untuk itu, sebelum membeli, pastikan pelanggan membaca spesifikasi yang ditawarkan yaitu: VLT, VLR, UVR, IRR dan TSER.

VLT (Visible Light Transmission) adalah banyaknya cahaya yang masuk ke kabin. Atau, disebut tingkat kegelapan kaca film. Semakin tinggi angkanya maka akan semakin terang. Bila tertulis VLT 70 maka artinya kabin mobil akan terlihat jelas dari luar karena cahaya yang masuk sebesar 70%. Sebalikya, bila tertulis VLT 05, maka cahaya masuk hanya 5%. Kaca film gelap dan orang di luar akan sulit untuk melihat ke dalam kabin.

Infrared (IR) Rejection adalah kemampuan menolak panas dengan satuan persentase. Makin tinggi persentase semakin baik menolak panasnya. UV Rejection merupakan nilai dari besarnya kaca film menolak sinar ultraviolet untuk masuk ke dalam mobil. Semakin besar nilainya akan semakin bagus, karena bila sinar ini masuk ke dalam mobil dalam jangka Panjang hal ini dapat merusak interior kendaraan.

TSER (Total Solar Energy Rejected) atau kemampuan total menolak ketiga faktor (VLT, Infra red dan Ultra violet rejection) di atas. Tingkat kemampuannya juga ditunjukkan dalam satuan persen. VLR (Visible Light Reflectance) adalah pantulan) yang ditimbulkan oleh kaca film, terutama jika dilihat dari dalam. Sehingga semakin kecil persentasenya maka makin bagus. Biasanya hal ini yang paling dirasakan pada saat berkendara atau penumpang di sebelah pengendara.

Batas Maksimal Kegelapan Kaca Film

kaca film depa mobil

Tidak ada batasan tingkat gelap yang pasti di Indonesia, namun Arta Alfatja, Brand Manager ICE-µ Premium Window Film mengatakan ada rekomendasi tingkat kegelapan. Ia mengakatan bahwa tingkat kegelapan untuk kaca depan maksimal adalah 40% dan samping kiri kanan belakang adalah 80%.

“Pemilihan jenis kegelapan memang bergantung selera, tapi ada batas maksimal untuk kaca depan 40%. Ini karena dikhawatirkan bila menggunakannya dengan tingkat kegelapan mencapai 60%, pengemudi akan terlalu gelap untuk melihat keluar,” ungkapnya.

Sementara untuk kaca samping kanan kiri belakang, bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Ia mencontohkan, untuk mereka yang memiliki anggota keluarga dan sedang menyusui sebaiknya menggunakan kaca film dengan tingkat kegelapan 80%.

“Untuk kendaraan yang digunakan oleh ibu menyusui sebaiknya menggunakan kaca film dengan tingkat kegelapan 80%. Tujuannya adalah agar mereka lebih mudah untuk menyusui di dalam kendaran tanpa harus khawatir terlihat dari luar,” tambahnya.

Daya Tahan Kaca Film

Kaca film mobil

Pada umumnya, kaca film dapat digunakan dalam waktu yang cukup lama. ICE-µ Premium Window Film bahkan memberikan garansi selama 5 tahun. Dalam waktu tersebut, bila ditemukan adanya gelembung, pengubahan warna atau terkelupas maka akan langsung diganti dengan yang baru.

Namun saat ini para pelanggan juga harus berhati-hati karena ada banyak peredaran kaca film palsu yang tentunya dapat merugikan Anda semua. Biasanya barang tersebut dijual dengan harga lebih murah dan tidak dilengkapi dengan garansi resmi. So, jangan sampai tertipu dalam membelinya. Waspada dan berhati-hati. [Adi/Idr]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar