Daihatsu Berikan Tips Membeli Mobil Secara Tunai

Panduan Pembeli

Daihatsu Berikan Tips Membeli Mobil Secara Tunai

JAKARTA – Membeli mobil secara tunai tetap tidak bisa sembarangan meski sudah memiliki uangnya.

Secara umum, membeli kendaraan secara tunai memang lebih menguntungkan. Hal ini karena pelanggan akan mendapatkan harga total yang lebih murah ketimbang pembelian secara kredit. Pelanggan juga tidak perlu repot mempelajari simulasi kredit yang buat sebagian orang justru membingungkan.

Namun, tetap ada beberapa tahapan yang harus dilakukan untuk menghindari terjadinya salah beli dan tentunya akan sangat merugikan konsumen. Daihatsu pun memberikan beberapa tips untuk membeli kendaraan secara cash.

  • Pilih Mobil yang Dibutuhkan dan Cek Budget

Daihatsu Xenia

Langkah pertama adalah memilih mobil sesuai dengan dibutuhkan serta anggaran yang dimiliki. Periksa spesifikasi mobil sesuai dengan kebutuhkan kemudian sesuaikan dengan anggaran yang Kamu miliki.

Misalnya saja Sahabat ingin membeli mobil untuk kebutuhan keluarga, maka sebaiknya pilih mobil berjenis MPV (multi - purpose vehicle) karena ukuran kabinnya yang lebih luas. Untuk kisaran harga mobil MPV adalah Rp 200 jutaan tergantung dari spesifikasi dan merknya.

  • Survey Harga Mobil di Semua Dealer

Masing-masing dealer memiliki penawaran yang berbeda. Untuk itu sebaikanya lakukan survey ke berbagai dealer untuk melihat penawaran harga terbaik. Pastikan pula periksa fasilitas apa yang bisa diperoleh dari dealer tersebut.

Pada  dealer tertentu biasanya menawarkan fasilitas berupa gratis service hingga beberapa km penggunaan mobil. Selain itu, dealer juga umumnya menawarkan bonus aksesoris tambahan kepada pelanggan yang berbeda antara satu tempat dengan tempat lainnya.

  • Tanya Biaya Booking Fee

Daihatsu Ayla

Pembelian mobil secara tunai mengharuskan Kamu untuk memberikan sejumlah biaya awal atau disebut sebagai booking fee. Booking fee berperan sebagai tanda jadi pembelian mobil sehingga pihak dealer bisa langsung memproses pesanan. Kisaran biaya booking fee sendiri berbeda-beda antara satu dealer dengan dealer lainnya.

Umumnya, biaya booking fee berkisar antara Rp 1 sampai 5 jutaan. Saat melakukan pembayaran booking fee, sebaiklah lakukan negosiasi terkait tambahan bonus aksesoris yang bisa diperoleh.

  • Ketahui Apa Itu Surat Pemesanan Kendaraan

Surat Pemesanan Kendaraan atau SPK merupakan surat yang akan Pelanggan peroleh setelah melakukan pembayaran biaya booking fee. Di dalam SPK ini akan tertera sejumlah informasi terkait kendaraan yang Sahabat beli seperti:

  • Tanggal Kamu memesan kendaraan, tanggal ini akan sesuai dengan tanggal pembayaran booking fee
  • Harga mobil disesuaikan dengan harga saat deal
  • Warna mobil
  • Aksesoris yang akan diperoleh

[Adi/Ari] 



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar