Ini Siasat Kawasaki Cegah Oknum Broker Beli Ninja ZX-25R

Berita Otomotif

Ini Siasat Kawasaki Cegah Oknum Broker Beli Ninja ZX-25R

JAKARTA – PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) memiliki cara untuk mencegah para oknum pedagang yang ingin memanfaatkan situasi dari popularitas Ninja ZX-25R.

KMI mencatat bahwa peminat Ninja ZX-25R membludak semenjak pertama kali diperkenalkan. Sejak jatah 200 unit yang dibuka pada dua hari pemesanan, dikatakan sudah habis dipesan oleh konsumen. Setelah dua hari, konsumen masih terus berdatangan.

“Kami masih membuka pemesanan setelah tanggal 11-12 namun kita batasi hingga 70 pengunjung yang boleh datang. Dari situ untuk dealer Abdul Muis sendiri, mendapatkan sekitar 69 SPK (Surat Pemesanan Kendaraan). Di Jawa Barat sudah 190 pemesan, Surabaya sudah di angka 160 orang yang memesan,” ucap Michael C Tanadhi, Head Sales & Promotion PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) di sirkuit Sentul, Bogor, Jawa Barat (16/07/2020).

KMI sendiri sejak awal peluncuran mengatakan target penjualan Ninja ZX-25R hanya 2.000 unit hingga akhir 2020. Dengan banyaknya pemesan setiap harinya, pihak pabrikan motor dengan warna identik Hijau itu berencana untuk menambahkan kuota produksi.

Michael menyatakan hingga saat ini pihak KMI masih belum memutuskan utuk menambah kuota produksi. Namun yang bisa dipastikan bahwa pabrik mereka di kawasan Cikarang, Bekasi, Jawa Barat fokus untuk produksi Ninja ZX-25R.
Kawasaki Ninja ZX-25R di sirkuit Sentul

Namun yang menjadi perhatian adalah cara Kawasaki untuk mencegah para oknum pedagang yang ingin memanfaatkan situasi. Hal ini dilakukan guna mencegah mereka melakukan pembelian, lalu dijual kembali dengan harga lebih mahal.

“Yang kita takutin broker-broker itu. Memang tidak bisa dilarang, namun kita coba langkah-langkah pencegahan. Contohnya yang datang dan memesan KTP-nya mesti sama, kalau mau isi faktur datanya mesti sesuai. Kalau mau ganti nama at least satu KK (Kartu Keluarga),” jelasnya kemudian.

Sekedar mengingatkan harga Kawasaki Ninja ZX-25R versi standar Rp 96 juta. Sementara untuk versi ABS/SE ditawarkan dengan harga Rp 112 juta on-the road Jabodetabek. Adapun pesaingnya Honda CBR250RR dijual mulai dari Rp 66 juta hingga Rp 73 juta. Lalu Yamaha R25 ditawarkan dengan harga Rp 61 juta. [Dew/Ari]



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar