Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Ini Perbandingan Mitsubishi New Xpander Cross dan All New Honda BR-V

Berita Otomotif

Ini Perbandingan Mitsubishi New Xpander Cross dan All New Honda BR-V

Perbandingan antara Mitsubishi New Xpander Cross dan All New Honda BR-V menarik untuk disimak, terlebih keduanya sama-sama bermain di segmen low sport utility vehicle (LSUV) dan baru saja menyapa konsumen di Indonesia.

Pamor SUV memang sedang naik daun di pasar mobil Tanah Air. Masyarakat mulai menggemarinya, karena kebanyakan SUV sekarang ini memiliki kapasitas penumpang yang banyak layaknya multi purpose vehicle (MPV). Selain itu desainnya tampil sporty sesuai selera pasar Indonesia.

Tak heran bila beberapa tahun belakangan banyak pabrikan yang mencoba peruntungan di segmen SUV kategori low, medium hingga high. Dari ketiganya yang paling digandrungi masyarakat saat ini adalah low SUV, karena harganya tergolong lebih murah ketimbang kategori yang ada di atasnya.

Setidaknya ada lima model mobil yang bermain di kelas tersebut, seperti Toyota Rush, Daihatsu Terios, Mitsubishi New Xpander Cross, Suzuki XL7 dan All New Honda BR-V.

Di antara kelimanya ada dua model yang terbilang baru, yaitu Mitsubishi New Xpander Cross dan All New Honda BR-V.

Mitsubishi New Xpander Cross meluncur sekira tiga minggu lalu tepatnya pada Kamis, (11/8/2022) di gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022. Sedangkan All New Honda BR-V sudah hadir lebih dahulu pada September 2021.

Kendati kehadrian Mitsubishi New Xpander Cross dan All New Honda BR-V tidak bersamaan dan terpaut cukup jauh, tapi tetap menarik untuk mengetahui lebih dalam perbandingan keduanya.

Kali ini Mobil123.com akan memberi ulasan tentang perbandingan antara Mitsubishi New Xpander Cross dan All New Honda BR-V. Kedua model anyar ini akan dibandingkan dari segi eksterior, interior, mesin, fitur, dan harga.

Eksterior

Dimulai dari yang paling dasar terlebih dahulu yakni dimensi tubuh dari keduanya. 

New Xpander Cross memiliki panjang 4.595 mm, lebar 1.790 mm, dan tinggi 1.750 mm, sedangkan panjang All New BR-V 4.490 mm, lebar 1.780 mm, dan tinggi 1.685 mm.

Beralih ke soal desain, New Xpander Cross bisa dibilang lebih garang berkat beberapa pembaruan di wajahnya, seperti pemasangan gril Dynamic Shield bentuk trapezoid, lampu depan T-Shape, roof rail hitam, wheel arc folding di area fender roda, dan sebagainya.

Sementara itu, All New BR-V menampilkan kesan sporty dan tangguh lewat guratan di bodi samping dan kap mesin. Lalu disempurnakan oleh kehadiran gril berupa bilah berderet warna hitam yang menyatu dengan headlamp, rumah lampu kabut warna hitam, lampu belakang memakai LED Light Bars dan lainnya.

Soal warna, New Xpander Cross tersedia dalam lima pilihan, ada Quartz White Pearl, Jet Black Mica, Blade Silver Metallic, Graphite Gray Metallic, dan Green Bronze Metallic.

Pada All New BR-V, pilihan warnanya Crystal Black Pearl, Modern Steel Metallic, Lunar Silver Metalic, Premium Opal White Pearl (Prestige & E Type), dan Taffeta White (S Type).

Interior

Beranjak ke bagian interior, baik New Xpander Cross maupun All New BR-V, keduanya sama-sama bisa menampung hingga tujuh orang. 

 

Kemudian dari alat pengendalian kendaraan, New Xpander Cross memiliki setir yang dapat diatur naik-turun (tilt) dan maju-mundur (telescopic), tepat di tengah kemudi ada tombol-tombol untuk mengatur audio dan Cruise Control.

Fitur pendukung lainnya yang ada di kabin antara lain, meter cluster berupa LCD berukuran 8 inci, rem tangan elektrik lengkap dengan Brake Auto Hold, Digital AC dan Micron Air Filtration, Head Unit 9 inci dengan Smartphone Connectivity, Wireless Charger di konsol depan, dan USB Port di baris kedua.

Ruang penyimpanan barang bawaan berukuran kecil di kabin New Xpander Cross terbilang sangat banyak. Mobil ini memiliki laci-laci untuk menyimpan barang-barang kecil di berbagai titik, misalkan di bawah jok depan dan bawah lantai bagasi. Selain itu, terdapat juga cup holder di sandaran tangan pada kursi baris kedua.

Beralih ke All New BR-V, setir mobil hanya bisa diatur naik-turun saja, ditengahnya terdapat beberapa tombol pengaturan audio, Cruise Control, dan lainnya.

Sedangkan fitur-fitur pendukung di kabin ada Meter Display 4,2 inci TFT, head unit 7 inci yang bisa terhubung ke Smartphone, Day/Night Rear View Mirror, Map Light, dan Power Outlet pada baris kedua dan ketiga mobil.

Untuk segi penyimpanan barang, bisa dibilang All New BR-V masih kalah dari New Xpander Cross. Pada tengah kursi baris kedua bisa menjadi armrest juga, tetapi tidak ada cup holder.

Mesin

Di sektor dapur pacu, New Xpander Cross menggunakan mesin tipe 1.5L MIVEC DOHC 16 katup dengan kapasitas 1.499 cc. Tenaga yang dihasilkan 103 hp pada 6.000 rpm dan torsi maksimum 141 Nm pada 4.000 rpm.

Sedangkan All New BR-V menggendong mesin 1.5 L DOHC 4 silinder segaris, 16 katup I-VTEC + DBW kapasitas 1.496 cc, didukung sistem suplai bahan bakar PGI-FI. Di atas kertas tenaganya mencapai 119 hp pada 6.600 rpm dan torsi puncak 145 Nm pada 4.300 rpm.

Sebagai pendukung, New Xpander Cross dibekali fitur Active Yaw Control (AYC) yang berpengaruh pada performa dan kenyamanan saat berkendara.

Kedua model ini memiliki dua varian transmisi, yaitu otomatis jenis CVT dan Manual. Meski begitu, transmisi manual pada New Xpander Cross 5-percepatan, sementara All New BR-V 6-percepatan.

Lalu untuk sistem penggerak roda pada  kedua model ini sama, menggunakan roda depan.

Fitur Keselamatan dan Keamanan

Perbedaan yang cukup mencolok dari keduanya ada pada fitur keselamatan.

Pada New Xpander Cross tidak disematkan teknologi Advance Driver Assistance System (ADAS) atau bantuan pengemudi aktif. Sementara itu, All New BR-V disematkan ADAS dalam bentuk Honda Sensing yang hanya ada di varian tertingginya.

Kendati demikian New Xpander Cross sudah dilengkapi fitur keselamatan standar seperti ABS +EBD +BA, Active Stability Control, Hill Start Assist (HSA), dan Dual SRS Airbag.

Demikian juga dengan All New BR-V yang memiliki fitur keselamatan yang kurang lebih sama. Mungkin yang berbeda ada pada jumlah airbag-nya yang tersebar pada empat atau enam titik.

Untuk keamanan mobil, pada New Xpander Cross ada fitur Speed Sensing Door Lock, Multi Around Monitor, Keyless Operating System, Alarm dan Immobilizer.

Sedangkan untuk keamanan mobil All New BR-V dilengkapi kunci tipe Smart Key, Walk-Away Auto Lock, Alarm dan Immobilizer.

Secara garis besar, sistem keamanan dan keselamatan pada kedua model ini relatif sama, kecuali jika dibandingkan dengan BR-V varian tertinggi yang punya Honda Sensing.

Harga

Mitsubishi New Xpander Cross hanya tersedia dalam dua varian. Perbedaan dari keduanya terletak pada sistem transmisinya saja, MT dan Premium CVT.

Bicara soal harga, varian termurah Rp300 jutaa-an. Berikut rincian lengkapnya:

  • New Xpander Cross MT Rp309,95 juta
  • New Xpander Cross Premium CVT Rp 335,75 juta.

All New Honda BR-V diniagakan dalam lima varian, yakni S MT, E MT, E CVT, Prestige CVT, dan Prestige with Honda Sensing.

Harga OTR Jakarta untuk varian terendah sedkit lebih murah dari pesaingnya yang sama-sama dari Jepang tersebut. Untuk lebih lengkapnya, berikut daftar harga semua varian Honda BR-V generasi terbaru:

  • All New BR-V S MT Rp281,1 juta
  • All New BR-V E MT Rp295,3 juta
  • All New BR-V E CVT Rp305,3 juta
  • All New BR-V Prestige CVT Rp327,6 juta
  • All New BR-V Prestige Honda Sensing Rp348,6 juta

[ABP/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang