Ini Lho Kekurangan dari Honda Brio dan Cara Mengatasinya

Panduan Pembeli

Ini Lho Kekurangan dari Honda Brio dan Cara Mengatasinya

Honda Brio berhasil menjadi mobil terlaris di tahun 2020 meski merupakan sebuah mobil hatchback dengan kelemahan yang masih menjadi pekerjaan rumah sang produsen.

Hal tersebut terbilang prestasi tersendiri karena artinya Honda Brio berhasil mengalahkan dominasi MPV khususnya Toyota Avanza yang selama ini menjadi mobil terlaris di Indonesia. Terlebih, prestasi tersebut mereka raih saat perekonomian sedang sulit karena dampak dari pandemi Covid-19.

Pada tahun 2020, Honda Brio berhasil terjual sebanyak 43.021 unit dan berhasil menjadi penyumbang penjualan Honda terbesar yaitu sebesar 54%. Jumlah tersebut terdiri dari 31.713 unit Honda Brio Satya dan 11.308 unit sisanya adalah Honda Brio RS.

Besarnya penjualan tersebut menunjukkan bahwa Honda Brio berhasil menjawab kebutuhan masyarakat secara umum. Terlebih setelah generasi kedua diluncurkan dengan menawarkan beragam keunggulan.

Kelemahan Honda Brio

Meski demikian, Honda Brio tetap saja memiliki beberapa kelemahan yang bisa menjadi pertimbangan pelanggan. Kelemahan - kelemahan Honda Brio ini, bisa menjadi pertimbangan bagi pelanggan sebelum memutuskan untuk membeli Honda Brio.

Suara dari dashboard

Kelemahan ini sebenarnya hanya dirasakan oleh beberapa pemilik kendaraan saja dan jumlahnya tidak terlalu banyak. Umumnya ditemukan hanya pada Honda Brio produksi awal dan permasalahan tersebut sudah jarang ditemui belakangan ini.

Munculnya suara asing dari dashboard adalah adanya bagian dasboard yang belum terkunci rapat sehingga membuat suara masuk ke dalam kabin. Kondisi ini biasanya bisa diperbaiki di bengkel resmi saat melakukan perawatan.

Kabin kurang senyap

Salah satu kelemahan yang paling banyak dikeluhkan adalah kesenyapan dalam kabin yang kurang maksimal. Kondisi ini paling banyak terasa pada varian Honda Brio Satya dan sebenarnya permasalahan serupa terbilang umum untuk ditemukan pada mobil LCGC lainnya.

Untuk mengatasinya adalah dengan memasang peredam tambahan di beberapa panel seperti pintu, kap mesin dan dibawah dashboard. Pemasangan peredam tersebut bisa dilakukan di berbagai bengkel umum khususnya pada bengkel modifikasi audio.

Namun patut diingat bahwa pemasangan peredam dapat berpengaruh efisiensi bahan bakar kendaraan. Pasalnya, peredam tambahan dapat menambah bobot kendaraan secara keseluruhan sehingga membuat mesin bekerja lebih keras dibandingkan kondisi normal.

Boros bahan bakar

Efisiensi bahan bakar Honda Brio khususnya Brio Satya sering disebut lebih boros ketimbang dengan mobil berkapasitas 1.2 liter pada umumnya. Padahal, Honda Brio sudah didesain sedemikian rupa agar memaksimalkan efisiensi bahan bakar guna memenuhi aturan LCGC yang berlaku.

Adapun efisensi bahan bakar yang kurang maksimal umumnya disebabkan karena pemilik kendaraan kurang memperhatikan perawatan kendaraan. Perawatan kendaraan sebenarnya sebuah agenda rutin yang harus selalu dilakukan setiap 10.000 Km atau 6 bulan untuk memastikan kondisi mesin dalam keadaan optimal.

Tak hanya itu, penggunaan bahan bakar dan jenis oli yang digunakan pun harus diperhatian oleh pemilik kendaraan. Pemilihan bahan bakar dan oli yang kurang tepat berpotensi untuk mengurangi efisiensi bahan bakar dan berpengaruh negatif dalam jangka panjang.

Selain itu, pengemudi juga harus memperhatikan cara mengemudinya masing-masing. Pasalnya, cara mengemudi agresif dapat membuat konsumsi bahan bakar menjadi lebih boros dibandingkan saat mengemudi santai.

Mesin Honda Brio RS

Honda Brio RS dilengkapi dengan mesin yang diklaim telah mendapat beragam pengembangan untuk pelanggannya. Meski hemat bahan bakar, mobil ini juga tetap mempertahankan performa berkendara maksimal. Dan berikut adalah spesifikasi dari mesin Honda Brio RS

  • Tipe : 1.2-L SOHC 4-silinder segaris 16 katup i-VTEC + DBW
  • Sistem suplai bahan bakar : PGM-FI
  • Diameter x Langkah : 73.0 mm x 71.6 mm
  • Isi Silinder : 1.199
  • Perbandingan kompresi 10.1 : 1
  • Daya maksimum 90 ps/6.000 rpm
  • Torsi maksimum 110 Nm/4.800 rpm

Kendaraan ini juga telah menggunakan sistem elektronik Drive by Wire sehingga akselerasinya lebih optimal, namun tetap irit bahan bakar. Mobil ini juga telah memenuhi syarat lulus uji emisi EURO 4 sehingga cukup ramah lingkungan.

Fitur Keselamatan Honda Brio RS

Selain memiliki mesin yang cukup menarik, Honda Brio RS juga telah dilengkapi dengan beragam fitur keselamatan maksimal. Hal ini bertujuan untuk memastikan keselamatan pelanggan saat mengalami kejadian tak terduga. Dan berikut adalah fitur keselamatan dan keamanan dari Honda Brio RS

  • G-CON + ACE
  • Dual Front i-SRS Airbags
  • Seatbelt baris pertama dan kedua (pretensioner)
  • Seatbelt reminder
  • Alarm system
  • Auto lock by speed
  • Immobilizer
  • Rear trunk opener by electrical
  • Keyless entry

Tentunya fitur-fitur keselamatan tersebut sudah disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat di Indonesia. Hal ini dilakukan karena belakangan ini masyarakat Indonesia mulai menyadari pentingnya fitur keselamatan pada sebuah kendaraan,

Segmen Pasar Lebih Luas

Meski merupakan sebuah mobil hatchback, Honda Brio sebenarnya sudah disesuaikan untuk mengakomodasi kebutuhan keluarga muda. Ini dilakukan guna membuat pasar Honda Brio semakin luas dibandingkan sebelumnya yang hanya berfokus pada segmen anak muda.

Salah satu pengembangan penting yang Honda lalukan pada Brio generasi kedua adalah dimensinya yang lebih luas dibandingkan sebelumnya. Ini merupakan salah satu syarat mutlak yang dibutuhkan oleh sebuah kendaraan keluarga.

Dengan dimensi yang lebih besar maka konsumen akan lebih leluasa untuk membawa banyak perlengkapan. Pasalnya, sebuah keluarga memang umumnya membawa bawaan yang cukup banyak dibandingkan anak muda.

Dan berikut adalah ukuran dimensi dari Honda Brio:

  • Panjang 3.815 mm
  • Lebar 1.680 mm
  • Tinggi 1.485 mm
  • Jarak sumbu roda 2.405 mm
  • Jarak pijak depan dan belakang 1.475 – 1.460 mm
  • Kapasitas tangki bahan bakar 35 liter

Tak hanya mengubah dimensi kendaraan, Honda juga melakukan pengembangan desain pada generasi kedua Honda Brio. Khusus untuk Honda Brio RS tampilannya dibuat lebih sporty sesuai dengan selera masyarakat. Sementara pada bagian belakang, kaca lebar yang sebelumnya menjadi ciri khas Honda Brio dihilangkan sehingga terlihat lebin kokoh.

Sementara untuk ukuran roda, Honda Brio RS hadir dengan ukuran 15 inchi dan desain velg dibuat lebih atraktif sehingga tampilan samping menjadi enak dilihat. Honda Brio RS juga sudah dilengkapi dengan beberapa aksen tambahan seperti fog lamp untuk meningkatkan visibilitas berkendara  khususnya saat cuaca buruk.

Interior Honda Brio RS

Honda Brio RS hadir dengan desain interior yang sebenarnya tebilang sederhana namun tetap menarik. Terlebih, mobil ini sudah mendapatkan layar monitor sebesar 6.1 inci dengan fitur touchscreen. Head unit ini sudah mampu menghadirkan beragam hiburan menarik yaitu

  • AM/FM Radio
  • Compatible iPhone & iPod
  • Compatible RR Cam
  • CD & DVD
  • AUX-IN
  • Bluetooth
  • Handsfree telephone

Menariknya, Honda Brio RS sudah dilengkapi dengan sistem audio yang cukup mumpuni. Hal ini karena Honda Brio RS dilengkapi dengan tweeter tambahan untuk memberikan detail audio yang lebih jernih. Audio bahkan bisa diatur melalui alat kemudi sehingga pengemudi bisa mengatur kebutuhannya tanpa melepaskan tangan dan tetap fokus berkendara.

Edisi Khusus

Untuk memperkuat eksistensinya, Honda Prospect Motor meluncurkan Honda Brio RS Urbanite yang merupakan edisi khusus. Mobil yang diluncurkan pada bulan Februari 2021 ini hadir dalam dua pilihan transmisi yaitu manual dan otomatis.

Untuk transmisi manual dijual dengan harga Rp 185,9 juta sementara transmisi otomatis dibanderol Rp 200,2 juta. Harga tersebut adalah harga untuk on the road Jakarta dan sudah mendapatkan keringanan dari relaksasi PPnBM.

Keunggulan dari Honda Honda Brio RS Urbanite ini adalah tampilannya yang lebih sporty berkat penggunaan two-tone color dan body kit di eksteriornya. Aksesoris tambahannya berupa Front Under Spoiler dan Rear Under Spoiler yang dilengkapi dengan Diffuser. Selai itu terdapat pula Black Side Under Spoiler dan Black Side Door Mirror yang dilengkapi dengan LED Turning Signal dan Black Door Handle.

Honda Brio RS Urbanite Edition hadir dalam dua pilihan warna, yaitu Phoenix Orange Pearl dan Carnival Yellow. Warna tersebut diklaim mencerminkan karakter dari penggemar Honda Brio yang selalu tampil energik dalam kesehariannya. [Adi/Had]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar