Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Ini Cara Menghindari Anak Mabuk Perjalanan

Panduan Pembeli

Ini Cara Menghindari Anak Mabuk Perjalanan

JAKARTA – Mabuk perjalanan atau motion sickness merupakan hal yang umum terjadi pada anak-anak usia 2-12 tahun.

Mabuk perjalanan biasanya disebabkan karena rangsangan gerak pada organ keseimbangan tubuh yang berlebihan. Namun, cara mengatasi mabuk perjalanan antara orang yang sudah dewasa dengan anak-anak tidak bisa disamakan.

Lantas, bagaimana cara mencegah anak agar tidak mabuk perjalanan khususnya saat berkendara dengan menggunakan mobil? Berikut ulasannya.

  1. Saat perjalanan, usahakan anak duduk di depan atau baris tengah. Kedua posisi ini adalah yang paling dianggap aman untuk anak-anak.
  2. Usahakan anak bisa melihat jauh ke depan dan tidak melihat benda yang bergerak secara cepat di dekatnya. Contohnya adalah mobil berlawanan arah. Refleks mata yang mengikuti benda bergerak cepat terlalu lama dapat membangkitkan rasa mual.
  3. Usahakan agar anak tidak makan makanan berat terlalu banyak dan hindari minuman bersoda. Bila anak lapar, sebaiknya berikan makanan ringan namun tidak berlemak sebelum dan selama perjalanan bila memang lapar. Hindari pula kondisi kekurangan cairan, karena ini juga akan membuat mual dan mudah pening.
  4. Meski menyenangkan, namun membaca buku dan bermain gadget dapat meningkatkan resiko mabuk perjalanan. Upaya mata memfiksasi pandangan pada objek yang dekat dan cenderung bergerak karena guncangan akan membuat mata lelah dan dapat memunculkan rasa mual dan pusing.
  5. Pastikan kendaraan memiliki sirkulasi yang baik sehingga udara segar dapat dengan mudah masuk ke dalam kabin. Hindari membawa benda beraroma terlalu keras dan menyengat.
  6. Jaga kecepatan. Kendaraan yang stabil dan tidak berguncang terlalu banyak, maka anak tidak akan terlalu mual.
  7. Bila memang anak sudah tampak mulai merasakan gejala mabuk perjalanan, berikan minyak aroma terapi agar dapat mengalihkan rasa mualnya.
  8. Bila anak tampak mulai jenuh atau mual, menepi dan beristirahatlah sejenak sekitar 10-15 menit di area istirahat.
  9. Berikan obat anti mabuk bila perlu. Hati-hati terhadap penggunaannya karena obat tersebut memiliki efek samping bila salah penggunaannya. Jika anak sudah diketahui memang mudah mengalami mabuk perjalanan, sebaiknya berkonsultasi dahulu ke dokter anak.

Cukup mudah dalam menghindari mabuk perjalanan, bukan? [Adi/Ikh/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Senior Reporter

Pria sederhana ini tinggal Bekasi sebagai warga taat pajak. Meski selalu menghadapi panas matahari atau hujan deras hingga kemacetan luar biasa setiap harinya demi pekerjaan, namun Ia tetap menjalaninya dengan penuh rasa syukur.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang