Nih Tips Anti-mabuk di Perjalanan

Panduan Pembeli

Nih Tips Anti-mabuk di Perjalanan

JAKARTA – Jika Anda sering merasakan pusing, mual dan ingin muntah saat perjalanan menggunakan kendaraan, kemungkinan Anda mengalami “mabuk jalan”.

Mabuk jalan atau ‘motion sickness’ ini disebabkan tubuh menyesuaikan diri terhadap apa yang dilihat dari suatu gerakan kendaraan. Kondisi ini sebenarnya tidak akan terlalu berbahaya, namun pastinya akan mengganggu. Penderita bisa menjadi lemas ketika tiba ditujuan dan malah tidak bisa menikmati tujuan perjalanan mereka.

Lantas, apa saja yang bisa dilakukan untuk mengatasi hal ini? berikut adalah tipsnya.

  1. Lihat ke depan. Fokuskan pandangan Anda pada objek tidak bergerak di kejauhan seperi cakrawala dan sebagainya. Hindari membaca buku atau menggunakan handphone karena  hal tersebut justru akan mengacaukan fokus Anda.
  2. Duduk di depan. Kalau diperhatiakan, yang mabuk biasanya adalah penumpang belakang karena pandangan ke depan mereka terhalang kursi baris di depannya. Hal ini bisa diatasi dengan pindah tempat duduk ke baris depan agar fokus pandangan bisa lebih mudah. Selain itu, guncangan di baris pertama terbilang lebih ‘ringan’ dibanding dengan posisi di belakang.
  3. Bayangkan kita sedang mengemudi. Pengendara biasanya tidak mabuk karena mereka berkonsentrasi ke depan. Hal tersebut juga bisa dilakukan penumpang dengan membayangkan Ia yang sedang mengemudi. Fokus ke depan dan adaptasi terhadap gerakan akan lebih mudah.
  4. Tutup mata. Saat mata tertutup, pikiran bisa dialihkan sementara hingga tubuh menyesuaikan diri.
  5. Buka jendela. Sederhana namun efektif. Udara segar yang masuk bisa membuat Anda merasa lebih baik ketimbang udara AC.
  6. Istirahat. Berhenti sebentar untuk meregangkan tubuh dan ambil nafas dalam-dalam.
  7. Minum air jahe. Jahe memiliki kemampuan untuk mengatasi rasa mual. Dengan minum air jahe atau makan permen jahe dapat mengurangi mabuk jalan.
  8. Rileks. Coba tenangkan diri Anda, santai dan nikmati perjalanan. Untuk mempermudahnya, Anda bisa menyetel musik yang Anda suka dan nikmati alunan musik.
  9. Minum obat antimabuk. Ini adalah cara paling sederhana. Dengan obat ini anda bisa menantuk dan kemudian tidur hingga tiba di tujuan.

Selamat mencoba!! [Adi/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter

 



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support