Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Nih Tips Anti-mabuk di Perjalanan

Panduan Pembeli

Nih Tips Anti-mabuk di Perjalanan

JAKARTA – Jika Anda sering merasakan pusing, mual dan ingin muntah saat perjalanan menggunakan kendaraan, kemungkinan Anda mengalami “mabuk jalan”.

Mabuk jalan atau ‘motion sickness’ ini disebabkan tubuh menyesuaikan diri terhadap apa yang dilihat dari suatu gerakan kendaraan. Kondisi ini sebenarnya tidak akan terlalu berbahaya, namun pastinya akan mengganggu. Penderita bisa menjadi lemas ketika tiba ditujuan dan malah tidak bisa menikmati tujuan perjalanan mereka.

Lantas, apa saja yang bisa dilakukan untuk mengatasi hal ini? berikut adalah tipsnya.

  1. Lihat ke depan. Fokuskan pandangan Anda pada objek tidak bergerak di kejauhan seperi cakrawala dan sebagainya. Hindari membaca buku atau menggunakan handphone karena  hal tersebut justru akan mengacaukan fokus Anda.
  2. Duduk di depan. Kalau diperhatiakan, yang mabuk biasanya adalah penumpang belakang karena pandangan ke depan mereka terhalang kursi baris di depannya. Hal ini bisa diatasi dengan pindah tempat duduk ke baris depan agar fokus pandangan bisa lebih mudah. Selain itu, guncangan di baris pertama terbilang lebih ‘ringan’ dibanding dengan posisi di belakang.
  3. Bayangkan kita sedang mengemudi. Pengendara biasanya tidak mabuk karena mereka berkonsentrasi ke depan. Hal tersebut juga bisa dilakukan penumpang dengan membayangkan Ia yang sedang mengemudi. Fokus ke depan dan adaptasi terhadap gerakan akan lebih mudah.
  4. Tutup mata. Saat mata tertutup, pikiran bisa dialihkan sementara hingga tubuh menyesuaikan diri.
  5. Buka jendela. Sederhana namun efektif. Udara segar yang masuk bisa membuat Anda merasa lebih baik ketimbang udara AC.
  6. Istirahat. Berhenti sebentar untuk meregangkan tubuh dan ambil nafas dalam-dalam.
  7. Minum air jahe. Jahe memiliki kemampuan untuk mengatasi rasa mual. Dengan minum air jahe atau makan permen jahe dapat mengurangi mabuk jalan.
  8. Rileks. Coba tenangkan diri Anda, santai dan nikmati perjalanan. Untuk mempermudahnya, Anda bisa menyetel musik yang Anda suka dan nikmati alunan musik.
  9. Minum obat antimabuk. Ini adalah cara paling sederhana. Dengan obat ini anda bisa menantuk dan kemudian tidur hingga tiba di tujuan.

Selamat mencoba!! [Adi/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter

 



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Senior Reporter

Pria sederhana ini tinggal Bekasi sebagai warga taat pajak. Meski selalu menghadapi panas matahari atau hujan deras hingga kemacetan luar biasa setiap harinya demi pekerjaan, namun Ia tetap menjalaninya dengan penuh rasa syukur.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang