Ini 6 Titik 'Mematikan' di Jalan Raya yang Butuh Kewaspadaan Tinggi

Panduan Pembeli

Ini 6 Titik 'Mematikan' di Jalan Raya yang Butuh Kewaspadaan Tinggi

JAKARTA – Dalam berkendara, ada banyak situasi yang mengharuskan setiap pengemudi memiliki tingkat waspada yang lebih tinggi dari biasanya.

Lantas situasi apa dan bagaimana cara mengatasinya? Coba cek dibawah ini

  1. Saat di lampu lalulintas (traffic light atau TL). Salah satu penyakit banyak pengendara adalah mereka melihat TL yang berada di arah lain. Misalnya saat di perempatan, sejumlah pengendara justru melihat TL yang ditujukan pada arah sebelah kanan. Ketika lampu tersebut sudah berwarna kuning, maka mereka langsung tancap gas.
    Hal tersebut jelas salah dan berbahaya karena dari arah tersebut bisa saja masih ada kendaraan-kendaraan yang menerobos lampu kuning. Jadi saat kita dihadapkan pada lampu lalulintas, perhatikan saja lampu yang ada di hadapan kita. Saat menyala "hijau" baru kita bergerak, tentu saja dengan tetap memperhatikan kondisi lalulintas di sekitarnya.
  2. Dekat Mobil. Waspadalah saat Anda akan melintas di dekat mobil, karena bisa saja penumpang mobil tersebut berhenti tiba-tiba dan membuka pintu atau berbelok tiba-tiba. Usahakan saat kita melintas didekat mobil, kita berada pada jangkauan penglihatan kaca spion mobil tersebut sehingga pengemudinya mengetahui keberadaan kita.
  3. Di jalan juga sering kita temui mobil yang berhenti. Kewaspadaan juga harus ditingkatkan ketika melintasi mobil tersebut karena melintas di dekat mobil berhenti menyebabkan kita tidak tahu apa yang ada di depan mobil. Bisa saja ada orang yang akan menyeberang sehingga mobil tersebut berhenti. Jadi coba untuk memperlambat kendaraan dan memastikan jalan dalam kondisi aman.
  4. Saat berkendara di samping mobil, di sisi dalam tikungan. Ketika mobil berbelok di tikungan, sisi belakang mobil cenderung semakin rapat ke sisi dalam karena perbedaan radius putar antara ban depan dan belakang, sehingga tidak aman bagi motor untuk berada di sisi dalam tikungan saat mobil menikung.
  5. Melintas di antara mobil dalam antrian juga diperlukan kewaspadaan tinggi. Saat melintasi di antara mobil dalam antrian, bunyikan klakson bila siang hari dan nyalakan lampu jauh (high beam) bila malam hari sesering mungkin untuk memberikan perhatian dan jangkauan penglihatan kaca spion bagi kedua jalur mobil yang kita lintasi sehingga pengendara mobil mengetahui keberadaan kita.
  6. Hindari mendahului kendaraan khususnya mobil di posisi-posisi yang tidak aman. Mendahului mobil pada posisi yang tidak memungkinkan kita melihat kondisi lalulintas di depan sangat berbahaya, contohnya:
    • di tikungan
    • di puncak tanjakan
    • dalam terowongan tanpa pembatas jalur
    • dekat persimpangan jalan
    • dalam kompleks perumahan atau dekat sekolah di mana anak-anak banyak bermain

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter

 

 



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support