Inden Mitsubishi Xpander Masih Tiga Bulan

Berita Otomotif

Inden Mitsubishi Xpander Masih Tiga Bulan

JAKARTA – Inden Mitsubishi Xpander saat ini diakui masih relatif panjang oleh sang pabrikan. Namun, jumlah konsumen yang membatalkan Surat Pemesanan Kendaraan (SPK) diklaim sudah lebih sedikit.

Head of Sales and Marketing Group PT. Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) Imam Choeru Cahya menjelaskan pengiriman unit bagi konsumen yang memesan sekarang baru akan dilakukan sekitar tiga bulan setelahnya. Ini juga berlaku bagi mereka yang memesan Xpander di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018, 19-29 April 2018 di JIExpo Kemayoran.

Imam mengakui pihaknya di saat bersamaan masih terus menggeber distribusi bagi mereka yang memesan sejak tahun lalu. Masih ada SPK dari akhir 2017 yang belum terpenuhi.

“SPK total mungkin sekarang sudah lebih dari 60 ribu unit dan pengiriman telah mencapai 50 persen,” akunya di dalam konferensi pers yang dilakukan di sela-sela IIMS 2018.

Xpander menjalani debut globalnya di Indonesia pada 10 Agustus 2017 dan mendapat respons positif jauh di luar perkiraan Mitsubishi. Sebagai akibatnya, pabrik baru Mitsubishi di Cikarang, Bekasi yang belum bisa beroperasi secara maksimal akhirnya kewalahan memenuhi permintaan.

Suplai selama tiga bulan pertama  2018 suplai Xpander ke pasar domestik sudah mencapai rata-rata 7.000 unit per bulan, melebihi kapasitas yang disiapkan untuk Indonesia yang 5.000 unit per bulan. Xpander juga menjadi model low multi purpose vehicle (LMPV) terlaris, menendang Toyota Avanza dari  takhta.

Lebih lanjut, Imam mengklaim bahwa respons konsumen tetap baik meski inden Xpander masih tiga bulan. Persentase konsumen yang membatalkan SPK sudah menurun. Iman tidak meyebutkan secara rinci berapa persen penurunannya.

“Ini karena dealer kami sudah menginformasikan bahwa apabila inden sekarang butuh waktu 3-4 bulan sebelum unit bisa diterima dan kelihatan kalau konsumen yang membeli setelah Desember sudah mengerti. Kami sarankan dealer-dealer menyosialisasikan perihal itu,” papar dia.

Selama empat hari pelaksanaan IIMS 2018, Xpander menyumbang 368 unit dari total pemesanan sebanyak 799 unit. Kontribusi Xpander sementara ini berjumlah sedikit di bawah Pajero Sport yang membukukan 383 unit, berkat kehadiran Rockford Fosgate Limited Edition. Imam menilai pencapaian ini mencerminkan keinginan pasar terhadap Xpander yang masih bagus.

“Untuk konsumen yang masih menunggu, kami telah dan akan terus melaksanakan ‘keep warm activity’ seperti gathering atau pertemuan-pertemuan lainnya agar mereka lebih sabar menunggu,” terang Imam lagi.

Mitsubishi pada Mei nanti juga berencana menaikkan harga Xpander untuk ketiga kalinya sejak meluncur. sebesar Rp2,8 – 3 juta karena pencabutan subsidi Bea Balik Nama (BBN). Saat ini, harga keenam varian Xpander sudah naik Rp 5 juta dari awal mengaspal menjadi Rp 194,1 – Rp 250,4 juta on-the-road Jakarta. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di sebuah harian umum nasional dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual