Inden Honda Brio Hingga Kini Masih Lama, Bisa 3 Bulan

Berita Otomotif

Inden Honda Brio Hingga Kini Masih Lama, Bisa 3 Bulan

TANGERANG – Inden Honda Brio di pasar Indonesia sampai saat ini masih berbulan-bulan.

Business Innovation, Sales, and Marketing Director PT. Honda Prospect Motor (HPM) Yusak Billy menjelaskan inden Brio masih belum normal. Adapun penyebabnya tetap sama yakni krisis cip semikonduktor global.

“Brio bisa tiga bulan (masa tunggu konsumen),” ucapnya menjawab pertanyaan Mobil123.com mengenai model rakitan pabrik Karawang tersebut, Sabtu (13/8/2022) di sela-sela Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 di Serpong, Tangerang.

Permintaan Brio per bulan, lanjut Billy, mencapai sekitar 5.000, 5.500, sampai kisaran 6.000 unit per bulan. Akan tetapi, kemampuan suplai komponennya sekarang baru menyentuh sekitar 4.000 unit setiap bulan.

“Sekali lagi, (pasokan) cip semikonduktor belum normal kondisinya. Jadi, kami masih berusaha untuk mendapatkan alokasi lebih dari prinsipal dan menambah kapasitas dari pemasok kami,” lanjut dia.

Dari total permintaan Brio, Satya yang menempati segmen low cost green car (LCGC) hatchback menyumbang 3.000-an unit di antaranya. Jadi, kata Billy, komposisinya mencapai 65-70 persen.

“Sekitar 30 persennya lagi varian RS. Dari total volume di RS itu, sekitar 50 persennya dari tipe RS Urbanite,” terang dia.

Inden Brio RS Urbanite sekaligus menjadi yang paling lama. Pasalnya, ada opsi dua warna bodi (two tone colour).

“Karena modelnya two tone, jadi kapasitas (produksinya) terbatas,” pungkas Billy.

Realisasi Desain Pemenang Brio Virtual Modification 4

Di sela-sela GIIAS 2022, Honda mengumumkan para pemenang Brio Virtual Modification 4 dengan tema Street Race. Di samping itu, untuk pertama kalinya, desain digital dari pemenang utama direalisasikan ke dalam mobil sungguhan.

Communication Strategy Senior Manager HPM Adhi Parama Sugarda menjelaskan jumlah desain digital yang masuk di kompetisi tahun ini berjumlah 911 karya. Juara Pertamanya ialah Bernard Harianto yang berdomisili di Jakarta Utara dan berhak atas hadiah Rp15 juta.

Lantas, mau dikemanakan mobil tersebut setelah ini?

“Kalau diperhatikan, beberapa tahun belakangan kami punya unit Brio untuk special display (pajangan spesial) yang dibawa dari satu pameran ke pameran lain. Ini tidak akan kami jual, tapi bakal kami pamerkan khusus dan akan memperlihatkan karakter Brio yang sporty, stylish, mudah dimodifikasi, dan ‘sangat anak muda,” papar dia.

Di luar Pemenang Utama, ada Juara II Deden Desmahikmawan (hadiah Rp10 juta), Juara III Joni Agung (Rp7 juta), Best Decal Rizky Fauzi (Rp5 juta), Favorite by Social Media Malvin Setiawan (Rp3 juta).

Peserta-peserta selain mereka yang masuk ke dalam 20 desain terbaik mendapatkan masing-masing Rp1 juta. [Xan]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar