Hyundai Staria, MPV Pesaing Alphard Meluncur di Indonesia Kuartal Tiga 2021

Berita Otomotif

Hyundai Staria, MPV Pesaing Alphard Meluncur di Indonesia Kuartal Tiga 2021

JAKARTA – Hyundai Staria, MPV mewah baru pesaing Toyota Alphard dilaporkan bakal meluncur di Indonesia dalam hitungan bulan.

Staria, menurut Hyundai Motor Company seperti dilaporkan Yonhap baru-baru ini, bakal mengaspal di berbagai negara Asia Tenggara pada 2021. Ini sejalan dengan rencana merek asal Korea Selatan tersebut untuk lebih eksis di kawasan itu.

Thailand menjadi negara pertama, dengan seremoni peluncuran yang sudah berlangsung pekan lalu. Selanjutnya, ada tiga negara lagi yang disebut menyusul dalam waktu dekat yakni Vietnam, Malaysia, dan Indonesia.

Tiga negara itu, kata juru bicara Hyundai Motor Company, bakal bergiliran mendapatkan Staria pada kuartal ketiga 2021. Sayangnya, tidak dijelaskan urutan negara peluncurannya atau bahkan tanggal dan bulan pastinya.

Hyundai Staria

Sekadar mengingatkan, Staria menjalani debut globalnya secara virtual pada awal 2021 di tengah pandemi Covid-19. Mobil ini mengundang perhatian antara lain karena desain eksteriornya yang disebut-sebut mengingatkan pada kapsul luar angkasa.

Agen pemegang merek Hyundai di Indonesia, PT Hyundai Motor Indonesia (HMID), sendiri diketahui sudah mendaftarkan Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) --harga sebelum pajak/off the road-- dari Staria di situs resmi kantor Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) DKI Jakarta.

Di situ tertulis "Staria 2.2 2WD 8AT" dengan harga NJKB 450 juta.

Staria disebut Hyundai sebagai pertanda peralihan mereka dari pabrikan otomotif konvensional menjadi Smart Mobility Solution Provider. Desain ‘Inside-Out’ yang Staria usung menekankan fokus pada kelegaan kabin serta fungsionalitasnya.

Konfigurasi tempat duduknya sendiri beragam, tergantung pasar dan strategi agen pemegang merek setempat. Paling sedikit, ada konfigurasi dua tempat duduk di baris belakang dan terbanyak adalah 11 kursi.

Kompetitor baru Alphard ini sendiri di pasar dunia terdiri dari dua varian, Staria serta Staria Premium. Di varian termewah, ada fitur-fitur kenyamanan seperti kursi baris kedua yang bisa diputar 180 derajat pada tipe sembilan tempat duduk, Premium Relaxation Seat pada tipe tujuh tempat duduk, sistem audio dari BOSE, atau Ambient Light dengan variasi 64 warna.

Ada juga fitur-fitur semisal Head Unit 10,25 inci canggih, 6 Airbag, Forward Collision Avoidance Assist, Blind Spot Collision Avoidance Assist, Wireless Module Seatbelt Reminder, Safe Exit Assist, Rear Occupant Alert.

Di sektor dapur pacu, tersedia dua opsi mesin; diesel 2.2-liter turbo VGT dan bensin 3.5-liter Smartstream G6DIII. [Xan/Had]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar