Hyundai Luncurkan Truk Hidrogen Tahun Depan

Berita Otomotif

Hyundai Luncurkan Truk Hidrogen Tahun Depan

SEOUL – Hyundai membeberkan rencana meluncurkan truk berbahan bakar hidrogen (fuel cell) pada tahun depan dan versi konsepnya akan diperkenalkan dulu pada akhir 2018.

Hyundai Motor Company (HMC) baru-baru ini dikabarkan bakal mengintroduksi truk hidrogen dalam IAA Commercial Vehicles 2018 pada 20 – 27 September mendatang di Hannover, Jerman. Versi produksinya baru dipasarkan pada 2019, tanpa waktu yang rincian.

Hyundai sendiri merupakan salah satu pabrikan otomotif yang serius mengembangkan mobil hidrogen, selain Toyota dan Honda. Pabrikan asal Korea Selatan ini sebelumnya sudah memasarkan dua mobil hidrogen yaitu ix35 Fuel Cell plus Nexo.

Sayang, detail spesifikasi truk hidrogen Hyundai masih disembunyikan dan baru disingkap dalam IAA Commercial Vehicles 2018. Pabrikan roda empat yang baru saja menandatangani nota kesepahaman investasi pabrik di Indonesia ini hanya menjelaskan bahwa kendaraan niaga tersebut mempunyai desain simpel, mulus, serta efisien dan aerodinamis.

Hyundai mengklaim grille depan truk hidrogen mereka ‘menyimbolkan hidrogen’ serta mempunyai tampilan unik dan bertenaga. Gambaran sebagai moda transportasi ramah lingkungan dimunculkan antara lain melalui aksen-aksen biru di sekujur bodi plus lampu-lampu LED.

Truk hidrogen ini tampaknya menyasar Eropa sebagai pasar utama. Pasalnya, Hyundai menyatakan bahwa truk hidrogen mereka akan melengkapi pasar kendaraan niaga ramah lingkungan di ‘Benua Biru’ mulai tahun depan.

Hyundai bukan satu-satunya pabrikan terkemuka yang memiliki proyek truk hidrogen. Toyota, pada tahun ini, juga mengumumkan pengembangan truk berat (heavy-duty truck) hidrogen dengan kode Project Portal 2.0.

Truk hidrogen dalam Project Portal 2.0 berbagi sebagian komponennya dengan mobil hidrogen Toyota Mirai. Adapun sistem penggeraknya mampu menggelontorkan tenaga lebih dari 670 hp dan torsi 1.794 Nm. Jarak tempuh truk dengan sleeper cab ini diklaim mencapai 482 km. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di sebuah harian umum nasional dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual