Hotman Paris: Pajero Tokcer Lewati Banjir

Berita Otomotif

Hotman Paris: Pajero Tokcer Lewati Banjir

JAKARTA - Pengacara kondang Hotman Paris Hutapea banggakan mobil Mitsubishi Pajero Sport-nya lewati banjir.

Jakarta kembali dilanda banjir pada beberapa titik. Ini terjadi setelah hujan mengguyur sejak Jumat malam (7 Februari 2020) hingga Sabtu pagi (8 Februari 2006) termasuk wilayah Kelapa Gading yang kebetulan menjadi wilayah tempat tinggal Hotman.

Meski dalam kondisi tersebut, pengacara yang juga terkenal sebagai kolektor mobil-mobil papan atas ini tetap harus beraktivitas pada Sabtu pagi. Dan seperti dia unggah di akun media sosialnya, Hotman terlihat melewati area banjir dengan menggunakan mobil Mitsubishi Pajero Sport-nya. Tinggi banjir sendiri sepertinya berkisar 20 - 30 cm.

"Aku dengan mobil Pajero, tuh liat tuh banjir. Ini dia nih (banjir) tapi rakyat sudah menunggu di Kopi Joni, saya harus berangkat pagi-pagi ke Kopi Joni dengan mobil Pajero, Pajero aman tokcer," kata Hotman dalam videonya.

Mengomentari video Hotman, mnurut Boediarto, Head of Technical Service & CS Support Departement, Mitsubishi Pajero Sport memang punya rancang bangun bisa diandalkan untuk melewati banjir sedemikian. Dengan ground clearence 218 mm, SUV andalan Mitsubishi ini punya posisi air intake yang tinggi. 

"Di atas (posisi air intake), ngumpet di kap. Kalau tidak dibuka kap mesinnya ga keliatan. Kalau kap (mesin) tertutup, walaupun disiram air yang menerjang grille atau kap mesin itu tidak langsung kesedot," jelasnya.

Boediarto juga menambahkan, secara umum, di luar Pajero, biasanya pabrikan menganjurkan posisi aman untuk melewati banjir maksimal setinggi setengah ban. Pihaknya juga tidak pernah memberikan anjuran untuk melewati ketinggian banjir dengan ukuran tertentu dan memberikan sedikit tips jika para pengemudi terpaksa untuk melewati banjir.

"Secara teknik mengemudi, pelan-pelan saja (saat melewati banjir). Gunakan gigi paling rendah. Tidak perlu digeber (pedal gas) gerung-gerung. Konstan aja," sarannya.

[Ari]

 



Krisna Arie

Krisna Arie

Senang semua benda bermesin dan beroda sejak duduk di bangku sekolah dan memulai bekerja di media dengan segmen otomotif sejak tahun 2002. Pria sederhana ini selalu percaya pekerjaan akan lebih sempurna jika didasari dengan passion.


Berita Utama


Komentar