Honda Small RS Concept Sedang Dipelajari untuk Pasar Indonesia

Berita Otomotif

Honda Small RS Concept Sedang Dipelajari untuk Pasar Indonesia

JAKARTA – Honda Small RS Concept kini sedang dipelajari potensinya untuk menjadi model produksi massal yang kelak dijual di Indonesia. Meski demikian, Honda Indonesia mengaku belum ada pembicaraan mendalam apalagi keputusan final soal itu.

Small RS Concept diperkenalkan di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018, 19-29 April di JIExpo Kemayoran, Jakarta tanpa detail mengenai spesifikasi. Penampilan di pameran otomotif itu sekaligus menjadi debut globalnya. Honda selain itu juga meluncurkan BR-V facelift.

Lebih lanjut, Small RS Concept dikembangkan oleh Honda R&D Asia Pacific. Mobil purwarupa yang diklaim mempunyai kabin serta bagasi relatif luas ini dibuat dengan meriset konsumen Indonesia.

“Risetnya semua mengacu ke pasar Indonesia,” jelas Direktur Pemasaran dan Layanan Purnajual PT. Honda Prospect Motor (HPM) Jonfis Fandy di sela-sela IIMS 2018.

Hal itu menjadi salah satu alasan mengapa penampilan perdananya di dunia dilakukan di Tanah Air. Alasan lainnya ialah posisi Indonesia yang penting bagi Honda global.

“Indonesia salah satu yang menjadi pilarnya Honda juga sekarang. Penjualan Honda di Indonesia itu ada di lima besar jika dibandingkan dengan Honda di negara-negara lain. Kami pun melihat Indonesia sebagai pasar yang otomotifnya tetap akan tumbuh karena tingkat kepemilikan mobil di sini masih sedikit,” papar Jonfis.

Sayangnya, Honda mengaku belum memutuskan apakah kelak Small RS Concept menjadi mobil produksi yang dijual di sini. Semua masih dalam tahap pembelajaran dan penampilan RS Concept di IIMS 2018 menjadi salah satu sarana studi.

“Tapi, kami belum bahas ke mana arahnya, apakah untuk produksi atau studi,” ucap Jonfis.

Secara tampilan, Small RS Concept mirip dengan city car Brio yang dijual di Indonesia. Ketika ditanyakan kemungkinan ini menjadi generasi berikutnya dari Brio atau malah model yang benar-benar baru, Jonfis mengaku sama sekali belum mendapatkan informasi.

“Belum tahu ini nanti akan menjadi city car atu apa. Yang jelas ini konsep. Ada wartawan Amerika Serikat malah menulis ini Baby Type R karena memang ini masih konsep, belum tahu arahnya ke mana,” ujar Jonfis. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di sebuah harian umum nasional dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual