Honda NeuV, Mobil Listrik yang Mampu Kenali Emosi Tampil di GIIAS 2018

Berita Otomotif

Honda NeuV, Mobil Listrik yang Mampu Kenali Emosi Tampil di GIIAS 2018

TANGERANG – Honda NeuV, mobil listrik pintar yang bisa mengenali emosi pengemudinya dipamerkan di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018.

GIIAS 2018 berlangsung pada 2 – 12 Agustus di Indonesia Convention Exhibition (ICE), Serpong, Tangerang. Tema pameran tahun ini adalah Beyond Mobility yang bertujuan untuk menunjukkan evolusi kendaraan dari awalnya sekadar alat angkut menjadi sesuatu yang bisa meningkatkan kualitas hidup manusia.

Honda memenuhi tema ini dengan menampilkan NeUV, yang menemani peluncuran dua model Honda yaitu All-New Honda Brio serta HR-V facelift. Mobil konsep ini datang ke Indonesia setahun setelah menjalani debut global pada Januari 2017 di Consumer Electric Show (CES) di Las Vegas, Amerika Serikat.

Dimensinya tergolong mungil. NeuV berpanjang 2.907 mm, lebar 1.622 mm, tinggi 1.586 mm. Sementara sumbu rodanya 1.930 mm.

Mobil berkapasitas dua penumpang tersebut dikembang oleh tiga pihak. Honda R&D menyalurkan partisi untuk kecerdasan artifisial (artificial intelligence/AI), Honda Silicon Valley Lab menyalurkan partisi untuk digital payment, dan Honda R&D Amerika Serikat bertanggung jawab soal desain serta perakitannya.

NeuV merupakan mobil listrik murni berkonsep commuter dengan fitur Honda Automated Network Assistant dan Autonomous Driving sehingga mobil dapat beroperasi sendirinya untuk ride-sharing atas izin pemilik ketika tidak digunakan. Kendaraan ini dibekali pula kemampuan mengisi daya listriknya secara otomatis saat energi dalam baterai dalam level rendah.

Kecanggihan NeuV tak berhenti sampai di situ. Ada teknologi Emotion Engine bermodalkan kecerdasan artifisial plus autonomous function yang membuatnya dapat menilai emosi serta tingkat stres sang pengemudi.

Pengenalan emosi dilakukan melalui analisa mimik wajah dan  intonasi suara. Setelah itu, NeuV mampu melakukan berbagai penyesuain sistem secara otomatis demi keamanan berkendara.

Mobil satu ini pun bisa mempelajari gaya hidup pengemudi dan preferensi mengemudi untuk memberikan opsi yang sesuai demi mencapai komunikasi antara si pengendara dengan mobilnya.

NeuV menjadi satu dari sekian banyak mobil konsep canggih di GIIAS 2018. Selain NeuV, di antaranya ada Toyota Concept i-Series yang terdiri dari tiga mobil purwarupa. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar