Honda Mulai Frustasi Cari Pengganti Marc Marquez

Berita Otomotif

Honda Mulai Frustasi Cari Pengganti Marc Marquez

MADRID – Repsol Honda hampir pasti kehilangan Marc Marquez pada seri-seri awal MotoGP 2021.

Hal ini dikarenakan Marc menegaskan bahwa dirinya akan kembali balapan jika kondisi fisiknya telah pulih seperti sediakala atau 100 persen. Seperti diketahui, pengguna nomor start 93 tersebut masih menjalani proses pemulihan pasca operasi ketiga pada tangan kanannya.

Dikatakan oleh tim dokter dan diamini oleh pihak tim, Marquez sedikitnya membutuhkan waktu tiga bulan hingga benar-benar pulih 100 persen. Namun jika kondisi fisiknya belum memungkinkan, bukan tidak mungkin waktu istirahat Marquez akan lebih lama lagi. Bahkan ada pengamat yang menyebutkan, The Baby Alien akan absen lagi pada musim 2021.

Melihat ketidakpastian kondisi Marquez, tim Repsol Honda mulai blusukan mencari pembalap penggantinya. Meskipun telah memiliki Stefan Bradl yang mulai bisa beradaptasi musim ini, namun pabrikan motor berlambang Sayap Mengepak tersebut tetap mencari pembalap pengganti.

Salah satu nama yang mencuat adalah Andrea Dovizioso. Mantan pembalap Ducati ini bukanlah sosok yang asing bagi Repsol Honda. Ia pernah membela tim Repsol Honda pada 2009 hingga 2011 dan mencatat beberapa podium dan satu kali kemenangan.
Marc Marquez
Dovi saat ini telah menyudahi karirnya di MotoGP bersama Ducati. Pemilik nomor start 04 ini digadang-gadang akan menggantikan Marquez di tim Repsol Honda. Namun langkahnya untuk kembali di ke MotoGP bersama Repsol Honda menemui jalan terjal.

Pertama, Dovi melalui manajernya menegaskan bahwa dirinya tidak ingin menjadi pembalap sementara. Pembalap asal Italia ini ingin mendapatkan kontrak sebagai pembalap resmi dalam satu musim balapan.

Selain itu, langkah Dovi kembali ke MotoGP juga dijegal oleh Carmelo Ezpeleta selaku CEO Dorna. Boss MotoGP tersebut tidak menginjinkan Honda pabrikan untuk tampil dengan tiga unit motor di lintasan. Meskipun pada tahun-tahun sebelumnya Honda pernah melakukan hal yang serupa.

“Tidak ada pengecualian. Tidak mungkin menempatkan lebih dari dua motor di trek dalam satu tim. Honda telah memiliki jatah dua motor untuk pabrikan dan dua lagi untuk LCR Honda,” ucap Ezpeleta.

Jika ingin menghadirkan Andrea Dovizioso kembali di arena MotoGP, Honda disarankan untuk menambah tim satelitnya atau tim konsumen. Hal ini pernah dilakukan Honda saat membawa Valentino Rossi ke MotoGP melalui tim Nastro Azzurro. [Dew/Ari]



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar