Jalani Operasi Ketiga, Marquez Terancam Absen di MotoGP 2021

Berita Otomotif

Jalani Operasi Ketiga, Marquez Terancam Absen di MotoGP 2021

JAKARTA – Marc Marquez kembali menjalani operasi ketiga pada beberapa waktu lalu untuk melakukan pemulihan.

Seperti diketahui bahwa pembalap Repsol Honda tersebut mengalami cedera serius pada tangan kanan bagian atas (humerus). Karena tidak kunjung pulih, Juara Dunia MotoGP enam kali tersebut dijadwalkan untuk kembali masuk ruang operasi.

Berdasarkan hasil test di rumah sakit setempat, Marquez sebelumnya telah mengalami infeksi pada cederanya. Lalu tindakan selanjutnya dikatakan akan fokus pada pemberian antibiotik spesifik. Pembalap Spanyol ini juga tidak diperkenankan untuk meninggalkan rumah sakit.

Dikatakan bahwa sejak operasi pertama, Marquez mengalami pseudarthrosis. Ini adalah kondisi adanya kegagalan penyembuhan dari patah tulang. Sehingga pasien membutuhkan intevensi berupa operasi. Pseudarthrosis sendiri bisa disebabkan oleh banyak hal, salah satunya karena adanya infeksi pada luka tersebut.

“Situasi Marc Marquez saat ini dianggap telah memuaskan oleh tim medis RS Ruber Internacional di Madrid. Namun karena adanya kasus pseudarthrosis, Marquez akan menjalani perawatan khusus hingga beberapa minggu mendatang,” ungkap pihak Repsol Honda seperti dikutip Crash.
Marc Marquez Absen Lagi
Ditambahkan bahwa pasca operasi ketiga, Marquez akan membutuhkan waktu pemulihan sekitar 6 hingga 7 bulan. Pihak Repsol Honda juga menyatakan Marquez akan absen 6 – 7 seri awal MotoGP 2021, jika sesuai dengan jadwal.

Lebih jauh, seorang pengamat mengatakan Marquez akan absen semusim penuh. Karena dengan absen dari kegiatan balap motor selama hampir satu tahun lamanya, membuat banyak faktor yang akan membuat seorang pembalap melemah.

“Menurut saya, ada kemungkinan besar Marc Marquez tidak akan balapan pada musim 2021 mendatang. Meskipun saya berharap mereka bisa membuktikan saya salah. Dia butuh 6 bulan untuk pulih. Dan kita harus ingat dia juga sudah absen selama satu musim. Maka akan butuh waktu berbulan-bulan untuk dia bisa balapan lagi,” ucap Carlo Penat, Pengamat MotoGP seperti dikutip dari GP One.

Ia mengatakan bahwa Honda membutuhkan langkah cepat. Andrea Dovizioso dikaitkan sebagai pengganti pembalap berjuluk Baby Aliens. Alex Marquez yang sudah mulai bisa beradaptasi, diperkirakan akan menjadi tumpuan Honda musim depan. MotoGP 2021 sendiri dijadwalkan akan kembali bergulir pada Maret 2021. [Dew/Ari]



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar