Honda Mobilio Masih Pede Lawan Mitsubishi Xpander

Berita Otomotif

Honda Mobilio Masih Pede Lawan Mitsubishi Xpander

JAKARTA – Honda Mobilio  masih bakal bertahan dengan model yang saat ini dijual di pasar untuk menghadapi pesaing baru seperti Mitsubishi Xpander.

Honda memastikan Mobilio belum bakal disegarkan tahun ini, meski persaingan di  segmen low multi purpose vehicle  (LMPV) makin ketat. Pasalnya, model yang ada saat ini juga belum lama meluncur.

“Belum, belum ada Mobilio baru. Enggak setiap tahun ada pergantian dan Mobilio ini, kan, baru ganti lagi tahun lalu,” kata Direktur Pemasaran dan Layanan Purnajual PT. Honda Prospect Motor (HPM) Jonfis Fandy kepada Mobil123.com beberapa waktu lalu.

Jonfis mengakui, penjualan Mobilio memang sedang turun dan hal ini antara lain disebabkan oleh pasar LMPV kedatangan model-model baru seperti Xpander maupun Wuling Confero. Meski begitu, ia masih menilai hal tersebut wajar terjadi jika ada pilihan baru di pasar.

“Enggak bisa naik terus-menerus. Enggak ada seperti itu. Ada waktunya mobil baru datang lalu mobil lain turun. Tapi, yang terpenting adalah bagaimana kita cover total produksi, atur stok di dealer, kemudian membuat usaha di dealer menjadi lebih sehat. Tujuannya itu. Kalau konsumen ke yang lain, kenapa harus dipaksakan? Mereka, kan, memilih,” papar Jonfis.

Sikut-sikutan di segmen LMPV memang makin kencang usai Xpander plus Confero hadir mulai Agustus 2017. Bahkan, sementara ini Toyota Avanza bukan lagi LMPV terlaris karena tergantikan oleh Xpander.

Adapun penjualan Mobilio pada Januari-Maret 2018, berdasarkan  data wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), cuma 4.855 unit. Transaksi jual-beli Mobilio turun hingga 65,82 persen jika dibandingkan periode yang sama tahun lalu atau year on year.

Sebentar lagi, salah satu LMPV yaitu Suzuki Ertiga bakal meluncurkan model baru di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018. Ertiga menjadi LMPV pertama yang menghadirkan model baru, pasca kehadiran Xpander plus Confero. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di sebuah harian umum nasional dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support