Mitsubishi Xpander Tak Akan Jadi Armada Taksi

Berita Otomotif

Mitsubishi Xpander Tak Akan Jadi Armada Taksi

JAKARTA – Mitsubishi Xpander tidak direncanakan untuk dijual sebagi fleet kepada perusahaan-perusahaan taksi untuk dijadikan armada baru mereka.

Isu mengenai Xpander akan dijadikan taksi telah berhembus sejak akhir 2017, ketika gambar low multi purpose vehicle (LMPV) versi taksi Blue Bird beredar di media-media sosial. Kemudian, pada tahun ini, para operator taksi seperti Express Group maupun Blue Bird juga gencar menambah armada MPV mereka dan mempelajari banyak model.

Mitsubishi kemudian merespons dengan menegaskan bahwa Xpander tidak disiapkan sebagai taksi. Ini berbeda dengan Toyota Avanza yang memang memiliki varian Transmover untuk angkutan perkotaan maupun taksi.

“Kami sama sekali tidak ada rencana untuk menjadikan Xpander sebagai armada taksi,” kata Direktur Penjualan dan Pemasaran PT. Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) Irwan Kuncoro pada awal pekan ini di Gambir, Jakarta Pusat.

Ia berbicara usai seremoni peresmian dealer baru Mitsubishi untuk kendaraan penumpang dan niaga ringan di Jakarta Pusat. Dealer di pusat Ibu Kota itu dibangun melalui kerja sama pabrikan asal Jepang ini dengan PT. Nusantara Berlian Motors.

Lebih lanjut, Irwan menjelaskan bahwa Xpander dikembang sebagai kendaraan pribadi, khususnya mobil keluarga. Pasar fleet, khususnya taksi, tidak ada dalam pikiran.

“Alasannya, ini mobil keluarga, jadi memang dikembangkan untuk keluarga dengan fitur dan kenyamanannya yang memang kami kembangkan bagi mobil keluarga,” ujar dia.

Xpander pertama kali meluncur pada 10 Agustus 2017 dalam ajang Gaikindo Indonesia International Motor Show (GIIAS). Harga on-the-road Jakarta Xpander sekarang ialah Rp 194,1 – 250,4 juta.

Didistribusikan sejak September 2017, Xpander berhasil membukukan penjualan wholesales 13.070 unit menurut data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo). Pada tahun ini, LPMV berdesain mirip sport utility vehicle (SUV) itu dtargetkan terjual 70 ribu unit dan realisasi penjualannya pada kuartal satu sudah mencapai 21.972 unit.

Xpander pun berstatus pemimpin segmen LMPV pada kuartal satu. Peringkat kedua di segmen tersebut ialah Toyota Avanza dengan distribusi 21.395 unit. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar