Honda Jazz Bekas Termurah Cuma Rp 73 Juta, Bebas Tabrakan dan Banjir

Panduan Pembeli

Honda Jazz Bekas Termurah Cuma Rp 73 Juta, Bebas Tabrakan dan Banjir

JAKARTA – Honda Jazz bekas seharga puluhan juta rupiah dengan kondisi aman dari tabrakan atau banjir bukanlah sebuah mimpi.

Jazz merupakan salah satu hatchback yang dianggap ‘seksi’ oleh konsumen di Indonesia. Tak heran, cukup banyak pembeli berjiwa muda yang mengincar model ikonik Honda ini.

Tapi, membeli Jazz baru tentu saja membutuhkan uang yang cukup banyak. Karena itulah, unit sekennya menjadi alternatif.

Di Mobil123.com, terdapat 3.724 iklan Jazz per Selasa (11/8/2020). Rentang harganya dimulai dari Rp 73 juta untuk yang termurah, sementara yang tertinggi Rp 265 juta.

Unit termurah adalah produksi 2007. Lokasi penjual tak jauh dari Jakarta, tepatnya Bandung, Jawa Barat.

Sayang, varian atau tipenya tidak disebutkan. Jarak tempuhnya sendiri berkisar di 185 – 190 ribu km dan sudah bertransmisi otomatis. Adapun warna bodinya adalah hitam.

Poin terpenting yang diklaim penjual adalah kondisinya yang tak pernah terkena tabrakan maupun banjir. Surat-suratnya juga komplet serta siap pakai.

“Siap pakai. Surat-surat lengkap, interior rapih full ori, ban masih ok, mesin terawat. Dijamin bukan bekas tabrakan atau banjir. Nopol (nomor polisi) D,” tulisnya.

Jazz tersebut adalah generasi pertama. Generasi pembuka dari kompetitor berat Toyota Yaris ini menjalani debut global pada awal 2000-an dan pertama kali mengaspal di Indonesia pada 2003.

Mesin VTEC-nya  berkapasitas 1.5-liter, 16 valve. Adapun gelontoran tenaga maksimalnya mencapai 108 hp pada putaran mesin 5.800 rpm, dengan torsi 143 Nm di 4.800 rpm.

Jazz termutakhir yang dijual di Nusantara saat ini merupakan generasi ketiga dan sudah diproduksi secara lokal di pabrik Honda Karawang, Jawa Barat bersama banyak model lain seperti Mobilio, Brio, maupun BR-V. Generasi keempat Jazz sebenarnya sudah muncul dengan debut global di Tokyo Motor Show 2019.

Akan tetapi, agen pemegang merek tersebut di Indonesia, PT. Honda Prospect Motor (HPM), belum bisa memastikan apakah hatchback yang di Jepang bernama Fit itu bakal meluncur di Indonesia. Pasalnya, desainnya dianggap tidak mencerminkan aura sporty yang menjadi citra Jazz serta mobil-mobil Honda lain di Tanah Air. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar