Honda Recall 85 Ribu Mobil di Indonesia, Ada 9 Model yang Kena

Berita Otomotif

Honda Recall 85 Ribu Mobil di Indonesia, Ada 9 Model yang Kena

JAKARTA – Honda menggelar recall (pemanggilan dan perbaikan gratis) terhadap lebih dari 85 ribu kendaraan di Indonesia yang terdiri dari beragam model.

Penyebab recall, menurut mereka melalui keterangan pers pada Rabu (15/7/2020), adalah potensi masalah pada komponen fuel pump atau pompa bahan bakar yang jika terjadi akan membuat mesin tak bisa dinyalakan atau mati tiba-tiba. Isu tersebut teridentifikasi pada sembilan model yaitu Brio, Mobilio, Jazz, BR-V, HR-V, CR-V, City, Civic plus Accord.

Model-model itu diproduksi antara 2017 – 2019. Secara keseluruhan, terdapat 85.025 unit yang terdampak.

Recall berlangsung sejak hari pertama pengumuman. Kampanye ini dilakukan secara bertahap di seluruh Indonesia tanpa dipungut biaya.

“Kampanye ini merupakan bagian dari upaya kami untuk selalu memastikan kendaraan konsumen berada pada standar keselamatan dan kualitas yang tertinggi, dan dilakukan tanpa memungut biaya apapun. Mengingat pentingnya program ini, kami menghimbau dan mengingatkan kembali kepada konsumen yang kendaraannya teridentifikasi untuk segera membawa mobilnya ke bengkel resmi Honda untuk proses pemeriksaan dan penggantian komponen,” kata Denny MT, Service & Parts Asst. General Manager – PT. Honda Prospect Motor (HPM).

HPM, selaku agen pemegang merek, telah mengirimkan surat pemberitahuan langsung kepada pemilik kendaraan teridentifikasi. Konsumen juga dapat melihat informasi mengenai ini, pun mencaritahu apakah kendaraan mereka termasuk di dalamnya dengan mengakses situs remi Honda Indonesia maupun  http://pud.honda-indonesia.com.

Apabila kendaraan konsumen telah berpindah tangan, konsumen dapat menghubungi Honda Customer Care di toll free 0-800-1446-632 dari Senin – Jumat, pukul 08.00 – 17.30 WIB.

Janji Servis dan Protokol Covid-19
Untuk proses penggantian fuel pump, konsumen terdampak dapat menghubungi bengkel resmi Honda terdekat atau membuat janji melalui aplikasi Honda e-Care di smartphone Android maupun iOS. Mereka yang memanfaatkan aplikasi bakal mendapat 1 liter oli atau 1 botol Engine Cleaner gratis selama periode Juli – September 2020.

Karena terjadi di masa pandemi virus Corona (Covid-19), Honda menerapkan protokol kesehatan sesuai prosuder atau panduan dari pemerintah. Seperti pemeriksaan kesehatan pada tiap personel dealer, penerapan jaga jarak fisik pada proses penerimaan dan ruang tunggu, dan proses sanitasi terhadap fasilitas dealer maupun kendaraan pelanggan.

Perkiraan waktu kerja penggantian komponen adalah 60 – 90 menit. Honda juga memberikan pilihan layanan pick up service sesuai dengan ketersediaan layanan di masing-masing dealer resmi. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar