Honda E Prototype Jalani Debut Global, Produksi Massal Akhir 2019

Berita Otomotif

Honda E Prototype Jalani Debut Global, Produksi Massal Akhir 2019

GENEWA – Mobil listrik konsep Honda e Protoype meluncur untuk pertama kalinya di dunia melalui Geneva Motor Show 2019, awal Maret ini.

Roda empat yang terinspirasi dari Honda Urban EV Concept tersebut, menurut keterangan resmi Honda yang diterima Mobil123.com, turut menggambarkan visi mobil listrik merek asal Jepang tersebut khususnya untuk pasar Eropa. Tak perlu menunggu lama, versi produksinya bakal dirakit massal pada akhir tahun ini.

Dilihat dari bentuknya, E Protoype merupakan mobil hatchback berdesain yang simple serta bernuansa retro dengan roda berdiameter lebar. Gagang pintunya tersamarkan rata dengan permukaan bodi dan baru muncul keluar ketika ditekan. Kamera berukuran kompak hadir menggantikan fungsi kaca spion konvensional.

Colokan tempat mengisi daya listrik berada di tengah kap mobil, agar pengemudi dapat mudah mengaksesnya dari kedua sisi. Jumlah daya listrik tersisa juga dapat dicek dengan mudah melalui layar berlapis kaca yang akan menampilkan informasi dalam bentuk LED.

 Mobil listrik mungil ini berpenggerak roda belakang sehingga sensasi berkendaranya diekpektasikan akan terasa mumpuni. E Prototype menggunakan platform khusus mobil listrik hasil pengembangan Honda dan mempunyai sumbu roda panjang sehingga kabinnya diklaim cukup lapang.

E Prototype, ketika diproduksi massal kelak, adalah mobil kompak pertama Honda yang menggunakan platform khusus mobil listrik. Tidak disebutkan namanya nanti ketika sudah dijual di ‘Benua Biru’.

Adapun jarak tempuh e Prototype dalam kondisi baterai terisi penuh adalah 200 km. Honda membenamkan teknologi quick charging sehingga 80 persen daya baterai sudah dapat terisi hanya dalam 30 menit.

Interior e Prototype bergaya minimalis – modern dengan penampakan banyak layar di sepanjang dasbor. Satu di antaranya persis di belakang setir kemudi, sedangkan dua lainnya di konsol tengah disebut sebagai dual-screen customizable untuk menampilkan berbagai layanan, informasi, maupun aplikasi pintar.

Ada lagi dua layar di pojok kiri dan pajak kanan dasbor. Keduanya akan menjadi kaca spion yang menampilkan citra di belakang mobil dengan visibilitas luas. [Xan/Ari]

 



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar