Harga Honda CRV Hybrid di Jepang Rp 502 – 579 Juta

Berita Otomotif

Harga Honda CRV Hybrid di Jepang Rp 502 – 579 Juta

TOKYO – Honda CR-V akhirnya dijual lagi di Jepang dengan peluncuran generasi terbarunya yang berlangsung pada Jumat (30/8/2018). CR-V dijual dalam beberapa varian, salah satunya hybrid.

Honda, seperti dikutip dari Bloomberg, sudah dua tahun absen menjual CR-V di ‘rumah’ mereka sendiri. Di generasi kelima ini, CR-V untuk pertama kalinya punya varian hybrid.

CR-V kembali ke Jepang berbekal opsi mesin bensin atau mesin hybrid. Ada empat tipe yang dipasarkan yaitu EX, EX Masterpiece, Hybrid EX dan Hybrid EX Masterpiece.

Adapun rentang harganya mulai 3.230.280 – 4.361.040 yen (Rp 429,28 – 579,56 juta). Varian hybrid termurah adalah 3.784.320 yen (Rp 502,91 juta).

Penjualan tipe EX serta EX Masterpiece dimulai per Jumat (31/8/2018), sedangkan tipe Hybrid EX dan Hybrid EX Masterpiece dimulai pada Sabtu (1/9/2018). Di Indonesia, CR-V paling modern sudah dijual sejak tahun lalu namun minus versi hybrid.

Pilihan hybridnya dipersenjatai mesin Sport Hybrid i-MMD yang diklaim sebagai sistem inovatif dengan penggerak dua motor. Sebagai paduannya, terdapat transmisi Electric CVT plus Deceleration Selector.

Ada tiga mode berkendara yakni EV Drive, Hybrid Drive, dan Engine Drive yang bisa berganti-ganti tergantung kondisi. Teknologi hybrid tersebut diklaim menghasilkan konsumsi bahan bakar 25,8 km/l. Selain itu, varian hybrid didukung sistem penggerak empat roda yang mendistribusikan torsi secara berbeda-beda sesuai kebutuhan masing-masing roda.

Varian mesin bensinnya, di sisi lain, berkapasitas 1.5-liter DOHC VTEC turbo. Sumber tenaga ini diklaim menggelontorkan torsi sama dengan mesin 2.4-liter milik Honda.

Sebagai padanannya, ada transmisi otomatis CVT plus paddle shift. Seluruh varian mesin bensin juga berkonfigurasi tempat duduk tiga baris sehingga dapat memuat tujuh penumpang.

Varian termurah hingga termahal sudah dilengkapi fitur keamanan Honda Sensing sebagai standar. Teknologi ini bisa mencegah benturan depan dengan memberikan peringatan kepada pengendara menggunakan milimeter-wave radar dan monocular camera untuk menilai situasi jalan, serta dilengkapi teknologi braking / steering control.

Ada pula fitur Hands-Free Access Power Tailgate khusus di EX Masterpiece dan  Hybrid EX Masterpiece.

Ground clearance CR-V generasi termutakhir ditambah 40 mm di varian hybrid berpenggerak empat roda, sedangkan varian mesin bensin berpenggerak roda depan ground clearance-nya meninggi 30 mm. Kelegaan kabin pun ditambah oleh Honda.

CR-V terkini menggunakan platform paling baru milik Honda yang mulai digunakan di Civic. Bodinya diklaim ringan, lebih rigid, dengan titik gravitasi lebih rendah demi handling lebih sporty serta stabil di kecepatan lebih tinggi. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar