Honda CR-V Tak Sebanding dengan Sokon Glory 580

Berita Otomotif

Honda CR-V Tak Sebanding dengan Sokon Glory 580

JAKARTA – Honda meyakini sport utility vehicle (SUV) murah Dongfeng Sokon Glory 580, yang sebentar lagi mulai dijual, tak akan mengancam penjualan CR-V meski keduanya digadang-gadang berada di kelas sama.

Ekspansi Cina di pasar otomotif Indonesia terus terjadi. Setelah Wuling hadir dengan dua MPV yaitu Confero serta Cortez, pabrikan Cina lain, Sokon, bersiap membawa Glory 580 yang fitur dan performanya diklaim setara CR-V namun berbanderol lebih rendah.

Honda sendiri tetap menganggap Glory 580 tak berpotensi mereduksi penjualan CR-V. Ini karena profil konsumen keduanya berbeda.

“Rasanya konsumen beda sekali, ya, setahu saya. Menurut informasi yang kami dapat, konsumen yang memilih produk dari Cina dengan Honda enggak ada. Enggak ada yang menanyakan mau beli Honda dan membandingkan dengan produk Cina,” ujar Direktur Pemasaran dan Layanan Purnajual PT. Honda Prospect Motor (HPM) Jonfis Fandy, beberapa waktu lalu di Senayan City, Jakarta.

Menurut Jonfis, pertimbangan orang-orang dalam membeli mobil beragam, di antaranya adalah anggaran dana yang dimiliki, harga jual kembali, maupun layanan purnajual. Para konsumen Glory 580 dianggap lebih memikirkan faktor anggaran dana yang dimiliki ketimbang konsumen CR-V. Meski begitu, Jonfis tetap merespons positif kemunculan Glory 580.

Glory 580, meski belum diluncurkan secara resmi, sudah dibuka pemesanannya oleh Sokon. Seremoni peluncuran Glory 580 rencananya dilakukan setelah Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018, 18-29 April di JIExpo Kemayoran.

Glory 580 juga akan dihadirkan serta dapat dipesan di pameran otomotif tersebut. Adapun harganya diperkirakan berkisar dari Rp 240-300 juta, yang artinya setara dengan Honda HR-V. Sokon berencana pula membangun 50 dealer di seluruh Indonesia hingga akhir 2018.

Bicara spesifikasi, Glory 580 memiliki dua pilihan sistem penggerak yaitu mesin bensin 1.8-liter atau 1.5-liter turbo. Ada pula opsi transmisi manual enam percepatan atau otomatis CVT.

Fitur standar untuk hiburan dan kenyamanan antara lain adalah layar sentuh 8 inchi dengan koneksi ponsel pintar, navigasi GPS, Sunroof, Power Window, kaca spion elektrik, Parking Camera, Reverse Radar, 12V Power Outlet, enam pengeras suara, pintu dan jok kursi berlapiskan kulit.

Fitur-fitur keamanan standar di antaranya Electronic Brake Assist, Electronic Parking Brake, Anti-lock Braking System, Electronic Brake-force Distribution, Front Dual Airbags, Front Side Airbags, Engine and Vehicle Burglar Alarm System,  Child Lock, Pretensioner Seatbelt dan ISOFIX. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di sebuah harian umum nasional dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support