Honda Civic Type R Siap Pecahkan Rekor Baru di Sirkuit Eropa

Berita Otomotif

Honda Civic Type R Siap Pecahkan Rekor Baru di Sirkuit Eropa

SILVERSTONE - Honda Civic Type R memang telah berhasil menjadi salah satu mobil terkencang yang dimiliki oleh Honda saat ini. Dengan keunggulan ini Honda tertantang untuk menciptakan rekor baru di beberapa sirkuit Eropa.

Type R Time Attack 2018 merupakan program baru Honda untuk mencapai cita-cita tersebut . Dalam program ini, Honda Civic Type R akan menantang sirkuit Silverstone di Inggris, sirkuit Spa-Francorchamps di Belgia dan sirkuit Estoril di Portugal serta beberapa sirkuit lainnya yang bakal diumumkan kemudian.

Dalam hal ini Honda akan membuat tim balap sendiri dan Jenson Button yang merupakan mantan pembalap F1 dipastikan menjadi bagian dari tim. Tak hanya itu, Honda juga akan mengajak beberapa pembalap lain seperti Tiago Monteiro, Esteban Guerrieri dan Bertrand Baguette.

Honda Civic Type R sebelumnya pernah memecahkan rekor sebagai mobil hatchback tercepat yang melintasi sirkuit Nürburgring Nordschleife di Jerman. Mobil ini mengemas waktu 7 menit 43,80 detik atau lebih cepat 3 (tiga) detik dibandingkan pemegang rekor sebelumnya VW Golf GTI Clubsport S.

Mobil ini dilengkapi dengan  mesin 2.0 liter VTEC Turbo yang menghasilkan tenaga maksimal hingga  296 hp pada 6.500 rpm dan torsi maksimal 400 Nm pada 2.500 – 4.500 rpm. Tenaga Honda Civic Type R disalurkan melalui transmisi manual 6 percepatan yang telah disempurnakan oleh rev match system sehingga memungkinkan mobil mempertahankan tenaga maksimumnya saat perpindahan gigi.

Di Indonesia, Honda Civic Type R hadir pertama kali di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017. Ketika itu, mobil ini hanya dijual Rp 995 juta namun kini harganya sudah meningkat menjadi Rp 1,001 miliar. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual