Honda Civic Type R Jadi Hatchback Paling Kencang di Nurburgring

Berita Otomotif

Honda Civic Type R Jadi Hatchback Paling Kencang di Nurburgring

NURBURGRING – Sebuah mobil yang dijual dengan keunggulan perfoma mobil rasanya tidak lengkap bila tidak dibuktikan dengan hasil di lintasan dan ini dilakukan oleh all new Honda Civic Type R .

Hal tersebut disadari Honda yang menghadirkan all new Honda Civic Type R dengan keunggulan perfoma mesin. Maka tidak heran bila Honda langsung menguji mobil tersebut di sirkuit Nurburgring, Jerman.

Tak tanggung-tanggung Civic Type R langsung berhasil meraih sebuah prestasi baru dengan memecahkan rekor tercepat untuk kategori mobil Front-Wheel Drive (penggerak roda depan) di kelas hot hatch. Civic Type R berhasil membukukan waktu 07 menit 43,80 detik atau lebih cepat 3 (tiga) detik dibandingkan pemegang rekor sebelumnya.

Satu hal menarik dari pengujian tersebut adalah meski memecahkan rekor, namun Honda tetap menggunakan mobil standar yang sesuai spesifikasi pada versi mobil produksi massal. Modifikasi ringan hanya dilakukan untuk menyesuaikan standard keselamatan balap.

Sirkuit Nurburgring Nordschleife, yang terletak di kota Nurburg, Negara Bagian Rhineland-Palatinate, Jerman sendiri mempunyai panjang 20.8 kilometer dan merupakan sirkuit balap terpanjang serta paling menantang di dunia. Sirkuit ini masih aktif digunakan sejak tahun 1927 hingga sekarang.

“Model ini mempunyai bobot 16 kilogram lebih ringan dibandingkan pendahulunya, sehingga menghasilkan respon yang lebih baik pada bagian setir serta memberikan stabilitas ketika melibas tikungan. Penggunaan suspensi New Multi-Link Rear Suspension juga memberikan stabilitas yang lebih baik saat pengereman, serta mengurangi gejala Body Roll. Hal ini memungkinan untuk melakukan ‘Late Braking’ ketika mobil memasuki sudut tikungan serta menghasilkan ‘Cornering Speed’ yang lebih baik,” ungkap Ryuichi Kijima, Chassis Engineer All New Honda Civic Type R (FK8).

Civic Type R (FK8) tampil agresif berkat penggunaan Sporty Front Grill, Sporty Front & Rear Bumper, Sporty & Rear Lower Bumper, Sporty Bonnet, Front & Rear Fenders serta Sporty Alloy Wheel. Untuk sistem pengeremannya, Civic Type R menggunakan paket sistem pengereman dari Brembo.

Sementara untuk mesinnya, Civic Type R dibekali mesin Honda VTEC Turbo Earth Dreams Technology 2.0 liter 4 silinder, direct injection segaris yang mampu menghasilkan tenaga maksimum sebesar 320 PS serta torsi maksimum sebesar 400 Nm. Civic Type R menggunakan 6 percepatan manual. Civic Type R menampilkan fitur baru berupa tombol “+R” yang memberikan sensasi berkendara ekstrim pada pengemudi.

Civic Type R (FK8) akan mulai memasuki tahap produksi massal pada musim panas tahun 2017 ini di Pabrik Honda di Swindon, Inggris. Civic Type R (FK8) nantinya akan mulai dijual terlebih dahulu di benua Eropa dan setelah itu diekspor ke berbagai kawasan lainnya seperti Amerika Serikat dan Asia termasuk Jepang.

Hingga saat ini, belum ada kabar apakah mobil ini akan dijual pula di Indonesia. Namun bila benar akan dijual, maka posisi Honda di Indonesia bisa semakin kuat. [Adi/Ari]

Temukan mobil idaman di Mobil123        
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support