Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Honda Civic Type R kembali Memecahkan Rekor Kecepatan

Berita Otomotif

Honda Civic Type R kembali Memecahkan Rekor Kecepatan

SILVERSTONE - Honda Civic Type R kembali memecahkan rekor kecepatan di ‘Honda Civic Type R Challenge 2018’.

Sebelumnya dalam ajang serupa, Honda Civic Type R sudah memecahkan rekor di dua lokasi berbeda yaitu Sirkuit Magny-Cours dan Spa-Francorchamps. Kini, Honda Civic Type R memecahkan rekor kecepatan di Sirkuit Silverstone GP, Inggris dengan waktu 2 menit 31,32 detik. Ini melampaui rekor yang diraih Honda Civic Type R generasi sebelumnya pada ajang serupa tahun 2016.

Honda Civic Type R dikendarai oleh Matt Neal, pembalap dari Halfords Yuasa Racing di ajang BTCC 2018. Ia pun mengatakan bahwa mobil yang kendarainya memiliki beragam keunggulan seperti stabilitas dan aerodinamika. ‘

“Saya merasa bahwa keunggulan Type R terlihat saat digunakan dalam kecepatan tinggi di tikungan. Stabilitas, desain aerodinamis dan sistem suspensi yang canggih membuat saya lebih percaya diri di lintasan,” ungkapnya.

Sirkuit Silverstone GP adalah trek balap sejauh 5,89 km yang terdiri dari jalan lurus dan tikungan tajam. Dengan kecepatan yang dihasilkan mesin 2.0L VTEC TURBO, Honda Civic Type R tersebut mampu melibas trek dan berakselerasi dengan cepat.

Karakteristik mobil yang aerodinamis dibutuhkan untuk melewati sirkuit, dengan keseimbangan tarikan dan pengereman Honda Civic Type R mampu melibas trek dengan lancar. Saat menggunakan mode +R, Adaptive Damper System bekerja menghasilkan kecepatan lebih tinggi saat melewati Sirkuit Silverstone yang berkelok-kelok.

Catatan waktu baru di Sirkuit Silverstone adalah rekor lap time keempat yang diraih oleh Honda Civic Type R. Pada April 2017, Civic Type R menjadi mobil dengan penggerak roda depan tercepat di Sirkuit Nürburgring Nordschleife dengan lap time 7 menit 43,8 detik.

Setelah itu, Honda mengadakan “Type R Challenge 2018” dan membuka seri pertamanya dengan performa dari pembalap WTC Esteban Guerrieri, yang meraih lap time 2 menit 1,51 detik di Sirkuit Magny-Cours GP, Perancis. Kemudian, pembalap Bertrand Baguette berlaga di seri kedua dengan lap time 2 menit 53,72 detik di Sirkuit Spa-Francorchamps, Belgia. [Adi/Ari]

 



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Senior Reporter

Pria sederhana ini tinggal Bekasi sebagai warga taat pajak. Meski selalu menghadapi panas matahari atau hujan deras hingga kemacetan luar biasa setiap harinya demi pekerjaan, namun Ia tetap menjalaninya dengan penuh rasa syukur.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang