Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Honda Civic Estilo, Dulu Nggak Laku tapi Sekarang Diburu

Panduan Pembeli

Honda Civic Estilo, Dulu Nggak Laku tapi Sekarang Diburu

Dalam beberapa tahun terakhir sosok Honda Civic Estilo namanya terus melejit sebagai mobil lawas paling banyak diburu. Bahkan, harga bekasnya sudah tembus di angka Rp300 jutaan. Padahal dalam sejarahnya, ternyata Civic Estilo ini kalah laku dibanding Genio.

Dulu Honda Civic Estilo dijual dengan harga lebih murah dari Honda Civic Genio saat pertama kali hadir di Indonesia. Alasannya, karena harga hatchback memang lebih murah ketimbang sedan. Karena kurang laku, dulu Civic Estilo ini sangat sedikit yang masuk ke Indonesia bila dibandingkan dengan versi sedannya yaitu Civic Genio. 

Civic Estilo diproduksi antara 1991–1995. desainnya bisa kita kenali dari sudut membulat seperti kapsul yang sporty. 

Hal menarik dari Civic Estilo yaitu pada sisi performa. Kapasitas mesin Civic Estilo sebesar 1600cc, yang mampu menghasilkan tenaga 120 hp. Dengan berat kosong sebesar 970Kg, membuat power to weight ratio di Civic Estilo perbandingan tenaga yang besar. 

Fitur yang tersedia pada Civic Estilo juga lumayan lengkap, mulai dari power steering, power window, central lock dan electric mirror. Untuk fasilitas hiburan sudah tersedia sebuah radio/tape kaset.

Civic Estilo jadi paket komplit sebuah hatchback sporty era 90-an. Mesin yang tenaganya oke, desain ramping, hingga bobot yang ringan. Tidak heran kalau Civic Estilo sering dipakai untuk balapan karena kelebihannya itu.

Itu tadi sekilas hal menarik dari Honda Civic Estilo, berikut ini kami akan mengulas lebih jauh beberapa kelebihan yang membuatnya jadi incaran kalangan penghobi otomotif.

Desain yang Sporty dan Slim ala Hot-Hatch, Gampang Dimodifikasi


Melihat penampilan Civic Estilo ini tidak usang termakan zaman, karena desainnya yang ramping dengan sudut membulat. 

Bentuknya yang pipih, minim garnish membuatnya tampil bersih. Honda Civic Estilo punya bagian depan dan belakang yang terkesan sederhana, hatchback ini hanya disematkan sepasang lampu yang berukuran sipit minimalis masing-masing di sisi muka maupun buritan.

Hal lain yang membuat Civic Estilo ini tidak jadi sekedar hatchback biasa ialah karena mobil ini memakai 2 pintu. Penampilan Civic Estilo ini secara tersirat mengesankan seperti hot-hatch. Desainnya mengingatkan sosok VW Scirocco yang kental kesan sporty. 

Bentuk sisi belakangnya memiliki keunikan tersendiri yang membuat Civic Estilo terlihat modern dan tidak ketinggalan zaman. Terdapat sebuah spoiler berukuran minimalis yang menunjang kesan stylish.

Penampilan Civic Estilo yang sporty bikin banyak orang jatuh cinta. Untuk mendukung aspek performa yang sudah perkasa, maka tak jarang penampilan standarnya juga perlu ikut diupgrade menyesuaikan karakter baru dengan performa lebih sangar. 

Civic Estilo termasuk mobil lawas yang mudah dimodifikasi, baik secara eksterior, interior, maupun mesin. Banyak pemiliknya yang melakukan modifikasi untuk meningkatkan tampilan atau Civic Estilo, termasuk memakai body kit Pandem yang memang menyediakan paket khusus untuk Civic Estilo. 

Bila kurang puas dengan penampilan standar, kita bisa memberi ubahan penampilan dengan paket body kit yang terdiri dari front lip pada bumper depan dan wing spoiler di buritan.

Spesifikasi Honda Civic Estilo Punya Performa di Atas Rata-rata

Salah satu kelebihan Honda Civic Estilo 1992 yang paling dicari adalah performa mesin yang jempolan dan bobotnya yang ringan. Civic Estilo didukung mesin berkode D16B2 yang belum didukung teknologi VTEC.

Mesinnya saat itu sudah mampu menghasilkan daya sebesar 120 hp pada 6.300 rpm dengan torsi puncak 140 Nm pada putaran 5.500 rpm. Tenaga yang segitu besar untuk mesin 1.600 cc cuma menjalankan kendaraan dengan bobot sebesar 970 kg.

Mesin ini juga sudah dilengkapi dengan sistem injeksi PGM-FI. Dengan mesin ini, Civic Estilo bisa dipacu hingga kecepatan maksimum 220 km/jam dan akselerasi 0-100 km/jam dalam 8 detik.

Bila mesin bawaan kurang memuaskan, maka opsi modifikasi swap engine mesin perlu dilakukan menjadi lebih bertenaga. Kalian bisa memakai K-series 2.400 cc menggantikan mesin D16 milik Civic Estilo. 

Bila kalian sering mengikuti balap saat sesi track day, mesin K-24 secara tenaga sudah cukup besar dan mendukung performa untuk adu cepat ketika track day.

Handling Civic Estilo juga cukup oke karena dipadukan dengan suspensi Double Wishbone serta rem Double Discs sehingga dapat memberi performa Handling yang mumpuni. 

Kelemahannya hanyalah remnya yang belum didukung ventilated discs seperti mobil-mobil modern. Namun demikian, kemampuan Estilo dalam melakukan pengereman sudah cukup baik dibandingkan hatchback sekelasnya seperti Suzuki Forsa atau Toyota Starlet kapsul yang masih pakai rem tromol. 

Interior Honda Civic Estilo Punya Fitur Modern Pada Masanya

Sebagai sebuah motuba, interior Civic Estilo gayanya khas mobil 90-an, tapi masih tetap menarik untuk mobil berusia 30 tahun. 

Lekuk dashboard cukup modern dan tidak terkesan kuno, meskipun aksen panel plastik begitu terlihat.

Kokpitnya juga menarik walau tidak glamor, dengan setir model tiga palang. Selanjutnya panel informasi di balik kemudi setir yang tampil dengan background analog warna putih, yang menunjukkan konsumsi bahan bakar, tingkat kecepatan dan odometer. 

Sama seperti Civic Genio yang memiliki kursi yang busanya tebal dan nyaman, Kursi di Civic Estilo bawaannya memakai busa tebal dengan desain yang ergonomis. 

Kursinya memakai bahan yang cukup empuk berbalut kain berkualitas. Lekukan yang dirancang khusus pada kursinya membuat perasaan nyaman saat berkendara walau tidak menghilangkan kesan sporty.

Civic Estilo juga dibekali fitur-fitur interior yang komplit, mewah dan modern. Selain AC, fitur lain yang jadi standar di Civic Estilo sebut saja seperti sabuk pengaman yang didukung dengan Pretensioner dan Force Limiter, Power Window, Cental Lock, electric mirror, hingga teknologi Power Steering pada kemudinya. Fitur hiburan bawaannya tersedia sebuah radio/tape kaset yang konon bermerek Alpine, brand premium untuk audio. 

Hal unik di Civic Estilo yaitu pintu belakangnya juga punya mekanisme buka tutup split. Maksudnya mekanisme buka tutup antara pintu dengan jendelanya bisa dibuka secara terpisah, seperti Honda CR-V generasi pertama. Untuk sebuah motuba era 90-an, fitur-fitur yang disebutkan di atas sudah terbilang sangat lengkap dan modern dizamannya. 
Kesimpulan 

Honda Estilo dikenal sebagai mobil lawas yang memiliki bobot yang lebih ringan dan akselerasi yang lebih responsif. Tidak heran, banyak orang yang rela mengeluarkan uang lebih untuk memiliki mobil-mobil ini demi merasakan sensasi berkendaranya.

Meskipun sudah berusia lebih dari 30 tahun, Honda Civic Estilo dan Genio masih memiliki pesona yang memikat kalangan penghobi otomotif. Eksistensinya kini semakin bersinar karena Civic Estilo jadi mainan baru para selebriti papan atas Indonesia.

Civic Estilo jadi besutan selebriti, termasuk penyiar dan presenter televisi, Desta, memiliki Civic Estilo lansiran 1992 warna putih. Kemudian aktor dan presenter Gading Martin juga memiliki Civic Estilo hitam.

(YS)



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang