Honda Brio Rakitan Indonesia Mulai Dikirim ke Luar Negeri Hari Ini

Berita Otomotif

Honda Brio Rakitan Indonesia Mulai Dikirim ke Luar Negeri Hari Ini

BOGOR - Honda Brio rakitan pabrik Karawang, Indonesia mulai dikapalkan ke luar negeri pada Rabu (10/4/2019), setelah seremoni ekspornya berlangsung bulan lalu.

Brio generasi terbaru menjadi model ekspor unit utuh (Completely Built-Up/CBU) pertama Honda dari Indonesia sejak sempat ‘puasa’ lima tahun. Terakhir Honda melakukannya lewat Freed pada 2011 hingga 2014. Multi purpose vehicle (MPV) ini sendiri mulai Juni 2015 berhenti dirakit di Karawang karena popularitasnya menurun.

“Pengapalan Brio mulai 10 April. Volumenya nanti akan diumumkan dulu oleh negara tujuan. Kalau mereka sudah, baru kami bisa katakan tepatnya berapa. Lebih dari ratusan unit per bulan, mungkin bisa sampai ribuan unit,” ucap Yulian Karfili, Public Relations Manager PT. Honda Prospect Motor (HPM) menjawab pertanyaan Mobil123.com usai seri pertama Honda Jazz and Brio Speed Challenge di Sirkuit Sentul, Bogor, akhir pekan lalu.

Sekadar mengingatkan, pabrikan asal Jepang tersebut pertama kali mengumumkan rencana mengekspor All-New Brio pada Oktober tahun lalu, setelah model ini meluncur di pameran GIIAS beberapa bulan sebelumnya. Ketika itu hanya disebutkan satu negara tujuan yakni Vietnam mulai semester satu 2019.

Kemudian, pada Februari kemarin, terungkaplah satu negara tujuan lain yaitu Filipina. Seremoni ekspor Brio sendiri dilakukan pada 26 Maret lalu, bersamaan dengan ulang tahun ke-20 HPM di Tanah Air.

“Sampai sekarang belum ada rencana ekspansi negara tujuan ekspor Brio. Masih dua negara itu saja dulu. Ekspor untuk model lain juga belum ada rencana.” tukas Afi, sapaan akrab Yulian Karfili.

Meski begitu, ia mengaku HPM pastinya melakukan studi untuk mengekspansi tujuan ekspor Brio. Hanya saja, semua kembali ke prinsipal mereka.

“Biasanya, kan, strategi dari kantor Honda regional dulu dan permintaan dari negara tujuan. Baru nanti dilihat kapasitasnya memadai dan mencukupi atau enggak. Produksinya sesuai standar atau enggak. Kalau oke, baru kami kirimkan. Kami bisa menawarkan, tapi keputusannya dari mereka,” papar Afi lagi.

Kapasitas produksi total pabrik Honda Kawarang, menurut Afi, adalah 200 ribu unit per tahun. Kapasitas ini, jika melihat data penjualan Gaikindo, masih belum terpakai semuanya karena pada 2018 saja wholesales mereka 162.170 unit, turun dari setahun sebelumnya yang 186.859 unit. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support