Honda Brio Sempat Ingin Dijadikan Mobil 7 Penumpang Murah

Berita Otomotif

Honda Brio Sempat Ingin Dijadikan Mobil 7 Penumpang Murah

JAKARTA - Honda Brio generasi kedua ternyata sempat ingin dibuat menjadi mobil berkapasitas tujuh penumpang, khususnya untuk Brio Satya yang ada di segmen low cost green car (LCGC).

Sekadar mengingatkan, All-New Brio melakukan debut globalnya dalam Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018. Brio RS masuk di segmen city car, sedangkan Brio Satya bertarung di segmen LCGC yang mendapat insentif pajak dengan beberapa persyaratan tertentu sehingga harganya lebih murah.

Jonfis Fandy, Direktur Pemasaran dan Layanan Purnajual PT. Honda Prospect Motor (HPM), menjelaskan bahwa ketika masih melakukan riset dan pengembangan All-New Brio, pabrikan asal Jepang ini sempat mempelajari peluang menjadikannya kendaraan tiga baris yang muat tujuh penumpang. Pasalnya, saat ini LCGC tujuh penumpang sedang ramai.

Akan tetapi, Honda urung melakukan itu dan tetap mempertahankan Brio sebagai mobil compact lima penumpang, bukan multi purpose vehicle (LMPV). Selain alasan pasar, soal keterbatasan ruang bagi penumpang jika mobil dengan dimensi sekecil itu diperbanyak bangkunya.

“Kalau kami buat tiga baris, artinya kami akan mengorbankan bangku kedua yang sering dipakai, 365 hari dalam setahun. Jadi (dengan tetap lima penumpang) bangku kedua tetap lega dan bagasinya diubah lebih besar. Kalau mau mobil tiga baris, ya, Mobilo saja. Ini yang kemudian kami lihat,” ucap dia sebelum dimulainya acara Media Test Drive All-New Honda Brio Satya di Sunter, Jakarta pada Rabu (20/3/2019).

LCGC muncul sejak 2013 dan awalnya banyak diisi oleh model-model lima penumpang yaitu Toyota Agya, Daihatsu Ayla, Suzuki Karimun Wagon R, Honda Brio Satya, Datsun Go Panca. Hanya ada satu model LCGC tiga baris yaitu Datsun Go+ Panca.

Namun, pada 2016, muncul pesaing Go+ Panca yakni Toyota Calya dan Daihatsu Sigra. Suzuki pun sempat mempelajari LCGC tiga baris sejak empat atau lima tahun lalu tapi belum ada realisasinya hingga detik ini.

Honda menegaskan saat ini ‘belum terpikir’ menyusul Go+ Panca, Calya maupun Sigra. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar