Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Honda Brio Buatan Indonesia Dijual di Lebih Banyak Negara Tahun Ini

Berita Otomotif

Honda Brio Buatan Indonesia Dijual di Lebih Banyak Negara Tahun Ini

JAKARTA – Honda Brio buatan Indonesia rencananya diekspor ke beberapa negara baru mulai 2023.

Brio facelift, yang meluncur pada 5 Mei 2023 kemarin, mendapatkan permintaan dari negara-negara tujuan ekspor baru. Alhasil, city car yang memang hanya dirakit di Indonesia tersebut bakal dijual di lebih banyak negara mulai paruh kedua tahun ini.

“Sekarang hanya Filipina. Tapi, semester dua nanti kami akan tambah lagi,” bongkar Business Innovation, Sales, and Marketing Director PT. Honda Prospect Motor (HPM) Yusak Billy dalam konferensi pers peluncuran Brio facelift di Jakarta.

“Ada dua (negara) lagi. Tapi, kami belum bisa bilang negaranya,” lanjut dia.

 Honda Brio RS 2023

Brio, yang mulai diekspor sejak 2019, merupakan model yang menjadi pemecah kevakuman ekspor unit utuh (completelt built up/CBU) Honda dari Indonesia.

Honda memang sempat agak lama menyetop aktivitas ekspor CBU, tepatnya selama lima tahun, setelah melakukannya untuk Honda Freed pada rentang 2011-2014.

Awalnya, Brio diekspor ke dua negara Asia Tenggara (ASEAN) yakni Vietnam serta Filipina. Akan tetapi, kebijakan proteksi Vietnam membuat ekspor CBU Brio ke sana terhenti, sehingga hanya menyisakan Filipina.

“Untuk sekarang hanya Filipina,” tandas Billy.

 Honda Brio Satya 2023

Di pasar dalam negeri, Brio kerap menorehkan prestasi gemilang. Kendaraan kecil berkapasitas lima penumpang ini kerap menjadi mobil terlaris di Indonesia.

Brio sudah tiga kali menyandang status tersebut yaitu pada 2020, 2022, plus kuartal pertama 2023.

Selain Brio, jenama berlogo ‘H’ ini pun mengekspor CBU dua model lain yakni Honda BR-V serta Honda WR-V. BR-V dikapalkan mulai Maret 2022, sedangkan WR-V rakitan Indonesia dikirim ke negara lain mulai Februari 2023.

“Kalau ekspor untuk model-model yang non-Brio, tujuannya tahun ini akan ke sekitar 30 negara. Banyak sekali yang non-Brio yaitu BR-V dan WR-V. Negara-negara tambahannya diekspor tahun ini,” lontar Billy. [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang