Meningkat Pesat! Honda Mau Ekspor 26 Ribu Mobil dari Indonesia Tahun Ini

Berita Otomotif

Meningkat Pesat! Honda Mau Ekspor 26 Ribu Mobil dari Indonesia Tahun Ini

TANGERANG – Honda memproyeksikan lonjakan ekspor mobil dari Indonesia pada 2023.

Tak main-main, peningkatan ekspor mobil Honda dari Indonesia pada 2023 dipercaya mampu mencapai lebih dari 187 persen, jika dibandingkan setahun sebelumnya.

“Ekspor kami saja tahun lalu hanya sekitar 9.000 unit. Tahun ini rencananya 26 ribu unit,” tukas Sales, Marketing, and Aftersales Director PT Honda Prospect Motor (HPM) Yusak Billy dalam wawancara di sela-sela Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023, 10-20 Agustus di Serpong, Tangerang.

Honda BR-V 2023

Menilik data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), jenama asal Jepang tersebut tahun lalu mengekspor utuh (completely built up/CBU) dua model yakni Honda Brio dan Honda BR-V.

Adapun volume ekspor CBU mereka mencapai 9.030 unit. Terjadi peningkatan 22,9 persen jika dibandingkan dengan raihan 2021 yang ‘hanya’ 7.350 unit.

Pada 2023 ini, tiga model menjadi andalan ekspor. ‘Jagoan’ terbaru ialah Honda WR-V.

Tapi, dari sisi volume, ekspor CBU terbesar Honda adalah BR-V.

“Paling besar BR-V. BR-V ini, kalau dari rencana kami, diekspor ke 30 negara sampai akhir tahun depan, Ada Amerika Utara, Amerika Tengah, Amerika Selatan. Sekitar 60 persennya (dari total ekspor) dari BR-V,” papar Billy.

Honda WR-V 2023

WR-V, lanjut dia, akan diekspor ke empat atau tiga negara.

Adapun Brio saat ini masih diekspor ke satu negara yakni Filipina, tapi diketahui bahwa pada semester kedua nanti city car ini siap menyasar beberapa negara tambahan lainnya.

Honda memiliki pabrik mobil di Karawang, Bekasi. Selain memproduksi tiga model yang disebutkan di atas, pabrik tersebut juga merakit Honda Mobilio, Honda HR-V, Honda City hatchback.

Tadinya, Honda CR-V juga dirakit di sana. Tapi, mulai CR-V generasi keenam yang meluncur dalam GIIAS 2023, Honda mengimpornya secara utuh dari Thailand demi fokus pada model-model dengan permintaan pasar domestik maupun ekspor yang lebih besar. [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang