Honda Bersiap Luncurkan Mobil Hybrid di Indonesia

Berita Otomotif

Honda Bersiap Luncurkan Mobil Hybrid di Indonesia

JAKARTA – Honda sedang mengambil ancang-ancang untuk meramaikan pasar mobil listrik di Indonesia. Teknologi hybrid sementara ini dianggap paling sesuai.

Seperti diketahui, pemerintah berniat mendorong terciptanya pasar serta industri mobil listrik di Tanah Air secara bertahap mulai 2021. Ini diwujudkan melalui Peraturan Presiden Nomor 55 Tahun 2019 berisi 17 insentif bagi mobil listrik dan Peraturan Pemerintah Nomor 73 Tahun 2019 yang antara lain mengatur tentang Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM) bagi segala teknologi mobil listrik mulai 2021.

Sejauh ini, pabrikan mobil massal yang sudah agak terbuka soal rencana mobil listrik di Indonesia belum banyak. Dari yang sedikit itu ada Toyota yang mengincar pasar mobil hybrid, Nissan dengan teknologi hybrid e-Power dan mobil listrik Leaf, plus Dongfeng Sokon yang ingin memasukkan SUV listrik Glory E3.

Ada pula Suzuki yang sedang melakukan riset dan pengembangan Ertiga hybrid. Sekarang giliran Honda membeberkan sedikit mengenai rencana mereka.

“Kami pasti mendukung program pemerintah. Kami akan mengikutinya,” jawab Billy Yusak, Business Development, Sales, and Marketing PT. Honda Prospect Motor (HPM) saat ditanya mengenai akan meluncurkan mobil listrik juga atau tidak.

Menurut dia, yang paling cocok bagi Honda dalam kondisi saat ini adalah mobil hybrid. Merek asal Jepang itu sekarang menunggu aturan turunan lainnya yaitu Petunjuk Teknis (juknis) Kementerian Perindustrian.

Jika mengintip situs resmi Honda global, pilihan mobil hybrid memang sudah banyak. Sebut saja misalnya CR-V maupun Fit (bernama Jazz di pasar Indonesia).

“Studi elektrifikasi sudah berjalan. Penerapannya harus penuh pertimbangan, mana yang cocok untuk konsumen Indonesia. Kami punya banyak opsi untuk elektrifikasi dan akan segera menyusun rencana aksi kalau nanti juknis keluar. Perpres, kan, sudah keluar. PP keluar, tinggal juknis. Kalau itu sudah keluar baru kami bisa tahu ambil tindakan seperti apa,” paparnya.

Studi Honda, menurutnya, termasuk kapan waktu peluncuran. Tentu saja, model mana yang akan dilepas ke Nusantara termasuk di dalamnya.

“Opsinya banyak. Mana yang paling cocok dengan konsumen Indonesia, itu yang nanti kami perkenalkan,” tandas Billy lagi. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar