Suzuki Kembangkan MPV Hybrid Rp 200 Juta-an untuk Indonesia

Berita Otomotif

Suzuki Kembangkan MPV Hybrid Rp 200 Juta-an untuk Indonesia

JAKARTA - Suzuki dalam proses mengembangkan multi purpose vehicle (MPV) hybrid murah dengan harga masih Rp 200 juta-an untuk Indonesia.

Pada 31 Agustus, Suzuki memajang prototipe Ertiga hybrid dalam pameran dan parade mobil listrik di Monumen Nasional (Monas), Jakarta. Eksekutif Suzuki, saat di wawancarai di sela-sela Test Drive Jimny awal pekan ini di Serpong, Tangerang, membeberkan pihaknya memang punya rencana meluncurkan Ertiga hybrid di masa mendatang untuk mengikuti program mobil listrik pemerintah.

“Kami sedang proses untuk studi menyematkannya di low MPV kami, Ertiga,” kata Donny Saputra, Direktur Pemasaran PT. Suzuki Indomobil Sales (SIS).

Ertiga hybrid di Monas tersebut berbeda dengan Ertiga diesel hybrid yang pernah dijual di Indonesia beberapa waktu lalu. Pasalnya, Ertiga diesel hybrid masih menggunakan sistem mild hybrid yaitu aki dengan voltase lebih besar dua kali lipat dari ukuran normal.

Adapun prototipe Ertiga yang belakangan terlihat benar-benar menggunakan baterai lithium-ion.

“(Letak baterainya) di bawah jok, di baris pertama,” terang Donny.

Harga Murah
Jika benar-benar terealisasi, Donny memastikan Ertiga hybrid benar-benar berharga murah. Banderolnya bukan lagi Rp 500 juta-an, tapi malah Rp 200 juta-an saja.

“Kami melihat kendaraan hybrid ini bisa berdampak luas apabila biaya akuisisinya terjangkau oleh masyarakat. Artinya, harga di bawah Rp 250 juta. Kita lihat saja volume pasar mobil yang harganya di bawah Rp 250 juta. Paling banyak dibeli. LMPV 34 persen, LCGC sekitar 32 persen. Pasar mobil ada di situ. Nah, kalau tujuannya adalah untuk hemat bahan bakar atau energi yang tidak terbarukan, harusnya di sana mobil listrik atau hybrid itu diimplementasikan,” papar dia.

Sebagai informasi, banderol Ertiga per 3 Oktober 2019 menurut situs resmi Suzuki Indonesia dimulai dari Rp 201 juta on-the-road Jakarta. Adapun harga tertinggi ialah Rp 256,5 juta.

Donny mengatakan idealnya harga tipe-tipe Ertiga hybrid kelak hanya berkisar 10 - 15 persen dari versi konvesionalnya. Suzuki saat ini menunggu Petunjuk Teknis (Juknis) dan dalam waktu bersamaan mengembangkan produk serta mempelajari lokalisasi komponennya.

Bukan cuma Suzuki yang sedang mengembangkan mobil hybrid murah. Toyota mengakui sedang pula mengembangkannya dan akan melakukan perakitan lokal mulai 2022. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar