Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Hari Raya, Pertamina Pastikan Pasokan BBM Aman

Berita Otomotif

Hari Raya, Pertamina Pastikan Pasokan BBM Aman

JAKARTA – Menjelang hari Raya Idul Fitri 1436 H, PT Pertamina (Persero) memastikan bahwa pasokan BBM (bahan bakar minyak) akan aman. 

“Kami menyiapkan langkah-langkah yang maksimal untuk memasok BBM dan LPG ( liquefied petroleum gas)  agar masyarakat dapat merayakan Idul Fitri dengan tenang,” tegas Direktur Pemasaran dan Niaga Pertamina, Ahmad Bambang.

Sejak awal puasa hingga H-8 Idul Fitri 1436H, penyaluran Premium masih di bawah estimasi sekitar 9%. Bahkan, jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu tingkat konsumsi tersebut masih lebih rendah 10%. Di sisi lain, konsumsi Bahan Bakar Khusus (BBK) justru lebih tinggi sekitar 4% dibandingkan dengan estimasi awal yang menunjukkan kecenderungan positif kenaikan konsumsi.

Sementara itu, realisasi penyaluran Solar bersubsidi hingga periode tersebut mencapai 11% di atas estimasi. Namun, jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu, penyaluran Solar bersubsidi tersebut lebih rendah sekitar 3%.

Pertamina sebelumnya telah memproyeksikan pemakaian Premium selama masa H-15 hingga H+15 Lebaran naik dengan besaran masing-masing Premium naik 18% dari rata-rata harian normal 76.258 KL menjadi 89.817 KL. Adapun, Solar bersubsidi diperkirakan turun 11% dari rata-rata harian normal 37.228 KL menjadi 33.250 KL.

Sementara itu, Ahmad Bambang menegaskan Pertamina terus menjaga stok BBM dan LPG nasional dalam kondisi aman selama puasa dan lebaran. Hingga Jumat lalu (10/07) ketahanan stok Premium 17 hari, Solar 23 hari, dan Avtur 26 hari. Seiring dengan peningkatan konsumsi Pertamax dan Pertamax Plus, Pertamina menjaga stok Pertamax 31 hari, Pertamax Plus 43 hari, Pertamina Dex 39 hari, dan LPG 16 hari. [Adi/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Senior Reporter

Pria sederhana ini tinggal Bekasi sebagai warga taat pajak. Meski selalu menghadapi panas matahari atau hujan deras hingga kemacetan luar biasa setiap harinya demi pekerjaan, namun Ia tetap menjalaninya dengan penuh rasa syukur.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang