Harga Toyota Alphard Baru Tembus Rp1 M, yang Bekas Mulai Rp100 Jutaan!

Panduan Pembeli

Harga Toyota Alphard Baru Tembus Rp1 M, yang Bekas Mulai Rp100 Jutaan!

Harga Toyota Alphard baru Rp1 miliar sampai nyaris Rp2 miliar. Jika Anda benar – benar ingin memilikinya tapi punya anggaran terbatas, Alphard bekas bisa sekali menjadi pertimbangan.

Rasanya, tak berlebihan jika Alphard disebut sebagai mobil keluarga kelas ‘sultan’. Selain harganya yang selangit, berbagai hal di eksterior maupun interiornya pun mewah.

Namun, tentu saja harga Alphard baru yang amat mahal membuatnya sulit dijangkau kebanyakan orang. Sebaliknya, karena mobil bekasnya yang berasal dari berbagai tahun produksi sudah memiliki nilai jual amat variatif.

Toyota Alphard 2021

Dalam artikel kali ini, Mobil123.com akan membahas seputar model tersebut mulai dari kisaran harga unit baru, unit bekas, sampai perbedaan antara dua model yang ‘bersaudara’ yakni Alphard serta Vellfire.

Alphard dan Vellfire, Apa Bedanya?

Alphard dan Vellfire, berdasarkan penelusuran dari berbagai sumber, sebenarnya adalah dua model ‘serupa tapi tak sama’. Kalau Alphard sudah hadir sejak 2003, Vellfire baru masuk pada 2015 dan fungsinya adalah menggantikan Alphard varian V.

Toyota Vellfire 2021

Terakhir kali keduanya mendapatkan penyegaran adalah pada awal 2020.

Berikut poin – poin diferensiasi antara Alphard dengan Vellfire:

  • Elegan vs Sporty

Sebenarnya, baik Alphard maupun Vellfire dibangun di atas platform yang sama. Dimensinya pun beda – beda tipis.

Secara dimensi, lebar dan tingginya sama yakni 1.850 mm serta 1.895 mm. Wheelbase atau jarak sumbu roda juga demikian yaitu 3.000 mm. Demikian pula dengan ground clearance atau jarak terendah ke tanah dengan ukuran 160 mm.

Hanya panjang keduanya yang berlainan. Alphard 4.945 mm, sedangkan Vellfire 4.935 mm.

Secara konsep, Alphard didesain dengan tampilan luar – dalam yang elegan, sementara Vellfire lebih sporty. Ini sudah bisa dilihat secara kasat mata seperti misalnya dari dari bagian fascia depan seperti desain gril maupun head lamp.

Kesan elegan pada kabin Alphard coba dimunculkan lewat penyematan panel kayu dengan warna alami. Warna kabin bisa hitam atau hitam – beige, tergantung tipe.

Vellfire, di sisi lain, memilih panel kayu berwarna gelap. Nuansa kabinnya juga serba hitam.

  • Mesin

Vellfire untuk pasar Indonesia hanya memiliki satu opsi mesin bensin yaitu 2.5-liter, 4 silinder, Dual VVT-i dengan daya 180 ps, torsi 234 Nm dengan transmisi CVT. Kode mesin adalah 2AR-FE.

Alphard juga punya opsi mesin di atas. Tapi, ada satu pilihan mesin bensin lagi untuk tipe termewah yakni 3.5-liter, V6, berdaya 295 hp, torsi 360 Nm, dengan transmisi CVT simulasi delapan percepatan.

Malahan, masih ada lagi pilihan mesin hybrid yang memadukan mesin bensin 2.5-liter 2AR-FXE 152 ps dan 206 Nm dengan motor listrik yang menyalurkan daya 143 ps dan torsi 269 Nm ke roda depan plus 68 ps dan 139 Nm ke roda belakang.

  • Konsumen

Target konsumen Alphard serta Vellfire, secara segmentasi dan besaran pendapatan, sesungguhnya sama. Kendati begitu, Vellfire dihadirkan untuk konsumen dengan preferensi MPV high roof premium yang lebih bernuansa sporty, sedangkan Alphard ditujukan bagi mereka dengan preferensi mobil lebih elegan.

Dari sisi fitur, baik Alphard maupun Vellfire sudah sama – sama canggih. MPV pesaing Nissan Serena dan Hyundai Serena ini antara lain sudah mempunya teknologi Toyota Safety Sense.

Teknologi tersebut terdiri dari fitur – fitur bantuan keselamatan aktif yang canggih seperti Blind Spot Monitor, Rear Cross Traffic Alert, Tire Pressure Monitoring System, Intelligent Clearance Sonar, maupun tujuh airbags untuk tipe – tipe tertentu.

Masih ada lagi fitur – fitur menyangkut kenyamanan plus kemewahan semisal Captain Seat empuk nan besar pada baris kedua, jok kursi dengan pendingin dan penghangat untuk pengemudi serta penumpang depan, Panoramic Sunroof, Head Unit dengan konektivitas smartphone, Sun Shade, Embient Light, Nano e, LCD Monitor pada atap.

Harga Alphard 2021

Alphard saat ini terdiri dari tiga tipe bermesin konvensional. Dua di antaranya bermesin bensin 2.5-liter, sedangkan satu lainnya 3.5-liter.

Adapun Vellfire hanya memiliki satu tipe bermesin bensin 2.5-liter.

Berikut harga Alphard dan Vellfire ketika berita ini dinaikkan pada akhir April 2021, seperti dikutip dari situs resmi Toyota. Harga di bawah adalah untuk on the road Jakarta dan sekitarnya:

  • Alphard

  1. 2.5 X AT Rp1.064.550.000
  2. 2.5 G AT Rp1.218.950.000
  3. 3.5 Q AT Rp1.975.450.000
  • Vellfire

  1. 2.5 G AT Rp1.216.950.000

Sebenarnya, Alphard juga tersedia dalam opsi mesin hybrid. Akan tetapi, entah kenapa tidak ditemukan keterangan harganya di situs resmi dari merek tersebut.

Kisaran Harga Alphard Bekas

Iklan Alphard bekas di Mobil123.com cukup banyak. Dengan begitu, para pencari mobil seken bisa amat leluasa menelusuri dan menentukan pilihan terbaik yang sesuai dengan preferensi tipe maupun anggaran yang dimiliki.

Saat artikel ini dibuat saja, terdapat total 1.612 iklan Alphard bekas dari berbagai tipe serta tahun produksi. Unit tertua merupakan rakitan 2003, sementara unit termuda berasal dari tahun produksi 2020.

Sejauh ini, belum ada Alphard bekas yang keluar dari pabrik pada 2021.

Rentang harga Alphard bekas sendiri amat menarik. Bagaimana tidak, unit yang banderolnya Rp100 jutaan dan setara mobil murah ramah lingkungan (low cost green car/LCGC) pun ada.

Atas alasan itulah, pemilik Alphard bekas sebenarnya bisa saja berasal dari berbagai segmentasi konsumen.

Namun, tentunya Alphard bekas dengan harga demikian murah merupakan unit ‘tahun tua’.

Alphard bekas termurah di Mobil123.com saat ini berharga Rp145 juta saja. Sebagai perbandingan, banderol tersebut tak berbeda jauh dengan harga on the road Jakarta dari LCGC Toyota Calya yang pada akhir April 2021 dijual seharga Rp146,19 – 167,49 juta on the road Jakarta.

Toyota Alphard bekas murah

Contoh iklan Alphard termurah adalah untuk tipe 3.0 V AT dari tahun produksi 2003. Unit dengan warna bodi hitam dengan jarak pemakaian 90 ribu km—menurut odometer—itu dijual seharga Rp145 juta bagi pembelian dengan cara kredit, atau Rp153 juta bagi pembelian dengan kas keras.

Akan tetapi, harga tunainya masih bisa ‘digoyang’ alias dinegosiasikan lagi. Unit berada di Villa Melati Mas, Banten.

Total Down Payment (TDP), yang merupakan uang muka ditambah cicilan bulan pertama, hanya Rp44 juta saja untuk tenor kredit empat tahun. Cicilan selanjutnya ialah Rp3,5 juta yang dibayarkan selama 47 bulan.

Untuk tenor kredit tiga tahun, TDP yang diminta dealer Rp46 juta. Cicilannya Rp4,19 juta yang dibayarkan selama 35 bulan.

Besaran TDP maupun cicilan di atas setara dengan jika Anda membeli LCGC Calya atau low MPV semacam Toyota Avanza.

Untuk Alphard bekas termahal, harganya tentu saja masih ‘ngeri – ngeri sedap’. Nominalnya masih tembus Rp1 miliar atau nyaris Rp2 miliar, tergantung dari tipe plus tahun produksinya.

Kisaran tersebut setali tiga uang dengan kisaran harga untuk Alphard dalam kondisi baru.

Toyota Alphard bekas 2020

Contoh salah satu Alphard bekas termahal bisa dilihat di iklan unit dari tipe Modellista SC (bermesin hybrid) dengan harga mencapai Rp1.850.000.000. Untuk yang bermesin konvensional, yang termahal adalah iklan Alphard bekas tipe 2.5 G AT rakitan 2020 dengan harga Rp1.175.000.000. [Xan/Had]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar