Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Suzuki Ertiga Crossover Dijual di Indonesia Awal 2020, Namanya XL7

Berita Otomotif

Suzuki Ertiga Crossover Dijual di Indonesia Awal 2020, Namanya XL7

JAKARTA - Suzuki berencana meluncurkan XL6, yang sering disebut-sebut sebagaiversi crossover dari Ertiga, di Indonesia pada awal 2020. Tapi namanya berubah menjadi XL7 karena penyesuaian spesifikasi.

Tidak hanya meluncurkannya, merek asal Jepang tersebut juga akan merakitnya secara lokal di pabrik Cikarang, Bekasi. Ini dikatakan oleh seorang sumber yang mengetahui permasalahan tersebut, saat mengungkap bahwa pada Januari tahun depan, Ertiga bukan lagi satu-satunya kendaraan penumpang yang dibuat di pabrik tersebut.

“Nanti Januari ada lagi. Itu, model yang sekarang lagi ramai di India,” ucap sang sumber kepada rekan-rekan media massa, termasuk Mobil123.com, pada Selasa (27/8/2019) di Cikarang, Bekasi.

Ketika Mobil123.com mencoba ‘menembak’ bahwa model itu adalah XL6, dia mengiyakan. Namun, namanya direvisi untuk pasar Indonesia.

“Jadinya XL7 karena jadi tujuh penumpang,” tandasnya.

Sebagai informasi, XL6 mengaspal di India pada pekan lalu. Model tersebut disebut-sebut sebagai Ertiga crossover karena platformnya yang sama dengan sang multi purpose vehicle (MPV).

Kapasitas penumpang di ‘Negeri Hindustan’ adalah 6 penumpang karena kursi pada baris kedua bermodel captain seat yang terpisah per orang sehingga menyisakan ruang di tengah. Bisa jadi, di Tanah Air kelak hal ini diubah menjadi jok kursi panjang sehingga muat 7 penumpang.

XL6 bermesin bensin 1.5-liter berdaya 103 hp dan torsi mencapai 138 Nm. Mesin dipadukan dengan teknologi Progressive Smart Hybrid dan tersedia dalam pilihan transmisi manual lima percepatan serta otomatis empat percepatan.

Di India, sistem hiburan XL6 sudah bisa terkoneksi dengan smartphone Android maupun Apple. Ada SmartPlay Studio touchscreen infotainment unit yang dilengkapi Apple CarPlay dan Android Auto.

Donny Saputra selaku Direktur Pemasaran PT. Suzuki Indomobil Sales (SIS), ketika dimintai konfirmasi, menolak mengakui. Tapi, ia juga tidak membantah.

“Saya tidak akan bicara apakah itu XL6 atau XL7. Saya belum bisa bilang,” tandasnya.

Selain pabrik Cikarang, Suzuki juga punya pabrik di Tambun, Bekasi yang merakit Karimun Wagon R, APV, Carry. Ada pula pabrik di Cakung yang hanya membuat komponen. [Xan/Ari]



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang