Harga Sudah Ketahuan, Ini Jarak Tempuh & Spesifikasi Nissan Leaf

Berita Otomotif

Harga Sudah Ketahuan, Ini Jarak Tempuh & Spesifikasi Nissan Leaf

JAKARTA – Mobil listrik Nissan Leaf tak hanya ramah lingkungan, tapi juga punya serangkaian teknologi canggih. Bahkan baterai yang disematkan diklam mampu menempuh jarak lebih dari 300 km.

Nissan Indonesia, pada Senin (2/8/2021), mengumumkan dimulainya masa pre-booking Leaf hingga 17 Agustus mendatang. Selama lebih dari dua pekan itu, mobil listrik satu ini berbanderol on the road (OTR) Jakarta Rp649 juta untuk tipe Single Tone dan Rp651 juta untuk tipe Dual Tone.

Sistem penggerak Leaf, menurut keterangan resmi dari merek tersebut, mengandalkan suplai energi dari baterai lithium-ion berdaya 40 kWh. Jarak tempuhnya dalam kondisi baterai terisi penuh mencapai 311 km, berdasarkan hasil pengujian metode New European Driving Cycle (NEDC).

mobil listrik Nissan Leaf

Gelontoran daya dari dapur pacunya mencapai 150 ps. Adapun torsinya 320 Nm yang bisa dirasakan secara instan khas mobil listrik.

Sebagai mobil listrik murni, tentu saja tak ada emisi gas buang yang keluar dari mobil ini.

Teknologi e-Pedal dan Nissan Safety Shield

Leaf untuk pasar Indonesia juga memiliki teknologi Nissan Intelligent Driving. Pertama adalah e-Pedal yang membuat pengemudi bisa melakukan akselerasi, deselerasi, maupun berhenti total dengan hanya menambah atau mengurangi tekanan pada pedal gas.

Ketika kaki sepenuhnya melepas pedal, rem regenerative dan friksi bakal bekerja otomatis untuk memberhentikan mobil sepenuhnya.

Ada pula teknologi keamanan dan keselamatan aktif bernama Nissan Safety Shield. Fitur-fitur di dalamnya antara lain adalah Forward Collision Warning (FCW), Forward Emergency Braking (FEB), Intelligent Around View Monitor (IAVM) dengan Moving Object Detection plus Driver Alert Assist.

mobil listrik Nissan Leaf

Leaf bakal menjadi mobil ramah lingkungan kedua Nissan di pasar otomotif Tanah Air. Tahun lalu, tepatnya pada September, pabrikan otomotif yang beraliansi dengan Renault dan Mitsubishi tersebut sudah merilis terlebih dahulu mobil hybrid Kicks e-Power.

Untuk diketahui, model-model mobil listrik, sejak 2019, makin banyak meluncur di Indonesia mulai dari hybrid, plug-in hybrid (PHEV), sampai 100 persen baterai atau BEV (Battery Electric Vehicle). Ini merupakan respons dari kebijakan pemerintah yang akan memberlakukan insentif Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM) bagi kendaraan listrik pada 16 Oktober 2021 mendatang.

Pemerintah pun menyiapkan insentif mulai dari mini tax holiday sampai super tax deduction bagi korporasi yang membangun pabrik perakitan mobil listrik dan komponen-komponennya di dalam negeri. [Xan/Ses]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar